Berubah Total, Toyota Crown Terbaru Akan Punya Versi PHEV Juga

cnbc-indonesia.com – TOKYO – Kehadiran Toyota Crown sejak 1955 dipertahankan hingga sekarang. Ia terus diperbarui, bahkan model terakhir merupakan generasi ke-15 yang meluncur pada 2018 silam. Memasuki generasi ke-16, Toyota melakukan terobosan dengan mentransformasi wujudnya menjadi sedan dengan tubuh lebih tinggi, bahkan mengarah ke SUV kecil. Jantung penggerak mengandalkan sistem hybrid dan informasi terbaru ketambahan plug-in hybrid (PHEV).

Untuk opsi PHEV sebenarnya masih menjadi tanda tanya terkait spesifikasi. Meski kehadirannya sudah dipastikan oleh President dan CEO Toyota, Akio Toyoda. Kemungkinan besar memiliki tenaga yang lebih besar dari dua opsi hibrida yang ditawarkan. Mengingat dari seluruh lini Toyota, varian PHEV menjadi top of the line.

Sementara model hybrid disodorkan dalam dua opsi. Mesin 2.5 liter inline 4 silinder dipadukan dua motor elektrik untuk menggerakkan roda depan dan satu motor di belakang yang berfungsi memutar roda belakang. Kombinasi yang mirip digunakan pada model RAV4. Belum ada data resmi terkait tenaga, tapi dugaannya mencapai 236 hp. Ia sendiri merupakan versi entry-level yang mengejar efisiensi tinggi. Toyota pasangkan sistem transmisi e-CVT agar mendapatkan pengalaman berkendara mulus, sekaligus memaksimalkan konsumsi bahan bakar.

Varian di atasnya lebih sporty memanfaatkan mesin 2.4 liter inline 4 silinder turbocharged. Di mana ia turut disokong tiga motor listrik dengan konfigurasi sama dengan versi entry level. Jika benar kemungkinan outputnya bisa menyentuh 340 hp dengan torsi 542 Nm. Beda dengan entry level, pengganti gigi pakai otomatis 6-speed yang bisa diatur secara manual lewat paddle-shifter.

Opsi penggerak seluruh roda (all-wheel drive) tersemat di seluruh varian Toyota Crown 2023. Khusus untuk level terbawah menggunakan e-four AWD, sedangkan versi atas pakai sistem AWD Advanced. Cara kerjanya bukan menggunakan transfer case dan driveshaft seperti konvensional, melainkan motor listrik di belakang yang bekerja secara independen mengikuti kebutuhan. Tak hanya untuk mengoptimalkan efisiensi, konfigurasi tersebut mengizinkan pengendalian lebih dinamis.

Ini masih ketambahan fitur seperti Active Cornering Assist (ACA) yang mengurangi gejala understeer. Secara otomatis fitur mengontrol perangkat pengereman selama bermanuver. Selain itu varian tertinggi diimbuhkan Adaptive Variable Suspension (AVS). Peredam getar bekerja secara aktif dengan membaca input pergerakan kendaraan.

Crown sejatinya merupakan sedan yang menyajikan kemewahan. Tentunya faktor kenyamanan menjadi perhatian khusus. Model 2023 diperkuat jok yang bisa diatur secara elektrik dan memiliki penghangat tiga tingkat. Kekedapan suara pun jauh ditingkatkan dengan menambah insulasi di beberapa area seperti di bawah karpet dan headliner, serta menggunakan kaca akustik baik pada jendela maupun panoramic sunroof. Pengguna jadi bisa menikmati hiburan di dalam kabin secara maksimal. Apalagi keluaran suara berasal dari 6 speaker untuk entry level dan 11 speaker JBL untuk opsi di atasnya. Terkait keamanan, fitur terkini layaknya blind-spot monitor, cross-traffic alert, hill start assist dan perangkat elektronik lainnya dipastikan tertanam.(MUHAMMAD HAFID / WH)

Sumber: MotorTrend

error: Content is protected !!