Audi Resmi Gabung Sauber Jadi Partner Saat Ramaikan F1 2026

Audi Resmi Gabung Sauber Jadi Partner Saat Ramaikan F1 2026

cnbc-indonesia.com – INGOLSTADT – Melanjutkan konfirmasi bahwa Audi siap meramaikan Formula 1 pada dua bulan lalu, kini giliran tim yang menjadi partner Audi. Resmi diumumkan pada hari Rabu (26/10/2022), Audi telah sepakat akan menggandeng Sauber sebagai tim untuk menjalankan operasional F1 mereka mulai tahun 2026.

Tim berpengalaman lebih dari dua dekade yang bermarkas di Hinwill, Swiss itu kan bersinergi dengan Audi yang pertama kali menjadi pemasok mesin F1. Hal ini sebenarnya bukan sesuatu yang mengejutkan, karena keduanya sudah langsung dikaitkan akan bergabung sejak pengumuman Audi resmi masuk F1. Pengumuman kali ini bertepatan dengan jelang seri Grand Prix Meksiko, akhir pekan ini.

Audi memutuskan untuk akhirnya menjadi pemasok mesin di F1 mulai 2026. Keputusan ini dilandasi oleh regulasi baru yang berlaku mulai 2026, di mana peran teknologi elektrifikasi semakin besar. Begitu juga dengan bahan bakar berkelanjutan (ramah lingkungan) yang akan diperkenalkan dalam empat tahun mendatang.

Diklaim oleh pabrikan asal Jerman ini, Sauber akan menjadi rekan strategis untuk menjalankan program F1. Selain itu, Audi bahkan berencana untuk membeli saham di Sauber Group, yang menunjukkan komitmen kuatnya. Saat ini Sauber eksis di F1 dengan identitas Alfa Romeo Racing.

“Kami senang bisa mendapatkan partner yang berpengalaman dan kompeten untuk proyek Formula 1 kami yang ambisius. Kami sudah mengenal Sauber Group dengan fasilitas mutakhir dan tim berpengalamannya dari kolaborasi sebelumnya dan yakin bahwa bersama-sama kami akan membentuk tim yang kuat,” kata Oliver Hoffmann, Audi AG Board Member untuk program F1.

Power unit Audi akan dibangun di fasilitas mereka yang berbasis di Neuburg, Jerman, yang saat ini sudah memiliki sekitar 120 personel untuk mempersiapkan proyek ini. Sementara Sauber akan berperan mengambangkan dan membuat mobil balapnya di Swiss, sekaligus bertanggung jawab dalam perencanaan dan operasional tim balap.

Kedatangan Audi dan kemitraannya dengan Sauber disambut baik oleh banyak pihak di kalangan paddock. “Kemitraan antara Audi AG dan Sauber Motorsport adalah sebuah langkah kunci untuk tim kami karena kami terus membuat kemajuan menuju baris depan grid,” jelas Fred Vasseur, bos tim dan CEO Sauber Motorsport.

“Untuk menjadi tim pabrikan resmi Audi bukan hanya suatu kehormatan dan tanggung jawab besar: ini adalah pilihan terbaik untuk masa depan dan kami sepenuhnya yakin kami dapat membantu Audi mencapai tujuan yang telah mereka tetapkan untuk perjalanan mereka di Formula 1.”

Saat hadir di tahun 2026 nanti, Audi akan menjadi pabrikan keempat yang menjadi pemasok mesin di F1 setelah Mercedes, Ferrari, Renault dan Honda. Bahkan Honda yang sudah menarik diri sebagai pabrikan pemasok mesin, menunjukkan tanda-tanda akan kembali. Setelah mundur dan menyerahkan pengembangan mesin ke Red Bull di akhir 2021, Honda belum lama ini mengumumkan komitmennya untuk mendukung Red Bull sampai tahun 2025.(WAHYU HARIANTONO)