2023 Tahun Kelinci Air, Simak Lagi Bocoran Mobil Baru yang akan Meluncur Tahun ini

cnbc-indonesia.com – Tahun Baru China akan diperingati sebentar lagi. Masyarakat Tionghoa akan segera merayakan Tahun Baru Imlek di tahun 2023 yang juga dikenal sebagai tahun kelinci air.

Memperingati tahun kelinci air ini, industri otomotif Indonesia juga akan kembali diramaikan oleh beberapa model mobil baru . Mobil baru tersebut ada yang benar-benar merupakan brand new (produk baru), ada juga yang merupakan facelift dari tipe sebelumnya.

Kehadiran mobil- mobil baru di tahun air ini sudah diprediksi sejak beberapa waktu lalu. Bahkan ada beberapa yang kehadirannya sudah diperkirakan akan terjadi sejak tahun 2021.

Penasaran dengan daftarnya. Berikut ini adalah bocoran mobil baru yang siap meluncur di tahun 2023 , tahun kelinci air kami siapkan untuk Anda:

Toyota

Toyota Yaris Cross

Mobil ini sebenarnya sudah meluncur secara global pada 2020. Tetapi belakangan muncul rumor bahwa Toyota Yaris Cross akan dihadirkan di Indonesia sebagai SUV Compact untuk menyaingi langkah Honda HR-V hingga Hyundai Creta.

Apalagi melansir laporan dari Autoindustriya yang dikeluarkan Desember 2022 lalu, Toyota Yaris Cross dipercaya akan mulai dijual di Filipina pada kuarter 1 tahun 2023 .

Untuk spesifikasinya, Toyota Yaris Cross ini merupakan SUV Toyota yang sudah menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA). Hasilnya, mobil ini bisa menampilkan proporsi yang ramping, seimbang, dan halus sehingga mengekspresikan kekokohan dan kehadiran yang unik pada sebuah SUV.

Meskipun membawa nama Yaris, Yaris Cross tampil lebih gagah karena membawa bodi dengan ground clearance lebih tinggi. Di bagian dapur pacunya, mobil ini dipercaya akan menggunakan mesin 1.500 CC yang dilengkapi teknologi Dynamic Force.Tidak hanya mesin biasa, Toyota Yaris Cross juga tersedia dalam pilihan mesin hybrid.

Dapur pacu bernama Toyota Hybrid System II tersebut akan memadukan penggerak dari mesin dengan empat roda listrik E-Four milik Toyota.

Toyota Raize Hybrid

Toyota bisa saja meluncurkan mobil Toyota Raize Hybrid di Indonesia, apalagi mobil kembarannya, Daihatsu Rocky Hybrid sudah pernah dipamerkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Tak Terlalu Terdapat Perubahan Signifikan pada bagian eksterior Toyota Raize Hybrid. Ubahan paling banyak mobil ini terdapat di bagian dapur pacunya.

Listrik dalam Raize Hybrid ini akan berperan sebagai sumber tenaga utama penggerak mobil. Sedangkan bensin digunakan sebagai generator baterai ketika di jalan raya.

Suzuki

Suzuki Jimny Lima Pintu

Mobil ini akan terlebih dahulu diluncurkan di India di acara pameran otomotif Auto Expo 13 Januari 2023 .

Untuk spesifikasinya, Suzuki Jimny 5 pintu ini akan lebih panjang dibandingkan tipe biasanya sepanjang 300 mm baik dalam jarak sumbu roda (wheelbase) ataupun panjang bodi keseluruhan. Tetapi, Segala sesuatu yang lain dalam desain sebagian besar tetap sama antara model lima pintu dan tiga pintu.

Dapur pacu dari Suzuki Lima pintu ini akan menggunakan mesin 1,5 liter berkode K15B naturally aspirated (NA) yang memiliki tenaga maksimum 102 HP diikuti torsi maksimal 130 Nm.

Selain itu, Suzuki Jimny lima pintu juga dipercaya akan mendapatkan teknologi mild-hybrid yang ditawarkan untuk efisiensi lebih baik.Mesin-mesin mobil ini akan dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan, dan automatic 4 percepatan terbaru.

Suzuki Grand Vitara

Mobil ini bisa jadi diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam waktu dekat. Apalagi Suzuki pernah mengonfirmasi mobil berikutnya yang akan mereka luncurkan adalah SUV.

Untuk spesifikasinya, mobil ini diluncurkan di India dengan nama Maruti Suzuki Grand Vitara. Mobil ini dijual untuk menjadi pesaing ketat Hyundai Creta, Kia Seltos, VW Taigun, hingga Skoda Kushaq.

Di bagian dapur pacu nya, Suzuki Grand Vitara ditawarkan dengan dua mesin berbeda yakni bensin 1.5L dan bensin hybrid 1.5L serta lima pilihan trim.

Fiturnya pun dijamin tak kalah dari kompetitor karena di dalam Suzuki Grand Vitara terdapat fitur Auto AC, ventilated seat, panoramic sunroof, head unit 9 inci yang terkoneksi Apple CarPlay dan Android Auto, MID digital, cruise control, hingga paddle shift.

Mitsubishi

Mitsubishi Xpander Hybrid

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pernah menyinggung rencana peluncuran mobil Xpander Hybrid di tahun 2022.

Meskipun spesifikasinya sama sekali belum diketahui, tetapi Mitsubishi sudah menjanjikan Xpander Hybrid akan diluncurkan tahun 2023 .

“Rencana meluncurkan HEV (Hybrid Electric Vehicle) setelah 2023 . Sebagai merek yang sudah berkecimpung lebih dari 50 tahun di Indonesia, kami ingin terus mendukung pemerintah mensosialisasikan kendaraan listrik di Indonesia,” ujar President Director of PT MMKSI, Naoya Nakamura dalam konferensi pers Kamis, 17 Maret 2022.

Rencana kelahiran dari Xpander Hybrid ini memang sudah diketahui dari 2021 karena kunjungan industri ke Jepang Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Tadi habis bertemu dengan Mitsubishi. Mereka akan mengembangkan dua model baru yaitu Xpander Hybrid dan Xpander PHEV,” tuturnya beberapa waktu lalu.

Daihatsu

Ayla EV

Daihatsu sempat memamerkan mobil LCGC bertenaga listrik terbarunya, Ayla EV di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Ayla EV tampil seperti Daihatsu Ayla dengan mesin bensin. Tapi perubahan terlihat pada bagian depannya yang dibuat lebih minimalis tanpa adanya grill, serta penggunaan warna silver matte yang tampak futuristis.

Dengan tampilan keren seperti ini, belum diketahui secara pasti kapan Ayla EV akan diluncurkan. Tapi bisa saja mobil ini diluncurkan pada tahun 2023 mendatang.

Rocky Hybrid

Mobil ini juga sama seperti Ayla EV, dipamerkan oleh PT Astra Daihatsu Motors (ADM) di pameran otomotif GIIAS 2022.

Spesifikasinya pun sama persis dengan Toyota Raize Hybrid yang sudah diluncurkan di Jepang yakni menggunakan mesin WA-VE 1.200 CC tiga silinder naturally aspirated (NA). Mesin bensin menghasilkan tenaga hingga 82 PS dengan torsi maksimum 105 Nm. Sedangkan motor listrik bertenaga 78 PS dengan torsi 170 Nm.

Mengingat hal tersebut, bukan tidak mungkin Daihatsu Rocky Hybrid diluncurkan bersamaan dengan Toyota Raize Hybrid di tahun ini.

Sedan Baru

Daihatsu juga baru saja mendaftarkan sebuah mobil baru ke situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (DJKI Kemenkumham).

Mobil baru ini memiliki desain yang terlihat jelas nampak seperti sebuah sedan.

Jika dilihat sekilas, maka mobil Daihatsu terbaru ini mirip dengan desain Toyota Vios generasi terbaru yang beberapa bulan lalu diluncurkan di Indonesia.Kemiripan desain ini bisa dilihat dari garis-garis bodi, serta penggunaan lampu belakang yang terhitung cukup mirip.

Mobil ini didaftarkan di situs DJKI Kemenkumham pada 20 Desember 2022, dan diumumkan hak desain industrinya pada 28 Desember 2022. Mengingat sudah di daftarkan seperti ini, bukan tak mungkin dalam waktu dekat Daihatsu akan meluncurkan produk terbarunya.

Honda

Honda HR-V Hybrid

Diluncurkan pada tahun 2022 kemarin, Honda HR-V bisa dipilih dalam opsi mesin turbocharged (seperti yang masuk Indonesia) dan juga hybrid.

Walaupun mesin hybridnya belum muncul, bisa saja opsi mesin ini tersedia di masa depan.

Tak ada perbedaan signifikan antara Honda HR-V hybrid dengan tipe biasa.

Perbedaan ada di bagian mesin yang digunakan mobil SUV ini. HR-V hybrid menggunakan dapur pacu 1.500 cc, 4 silinder, DOHC, VTEC yang bisa mencapai tenaga maksimum 103,5 hp dengan torsi maksimum di angka 127 Nm.

Honda CR-V Hybrid

Honda CR-V terbaru sudah diluncurkan untuk pasar Amerika Serikat pada Juli 2022.

Mobil ini mendapatkan ubahan cukup banyak pada bagian eksterior, interior, ataupun fitur-fiturnya. Dilihat dari bentuknya, Honda CR-V terbaru menegaskan kesan SUV premium tapi tetap mempertahankan tampilan sporty.

Beralih ke bagian dapur pacu, Honda CR-V tipe terbaru ini mendapatkan mesin 1,5 liter VTC yang sudah dilengkapi dengan turbocharged. Tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 190 HP di 6.000 RPM dengan torsi maksimum 243 Nm di 5.000 RPM.

Rencananya, Honda CR-V terbaru juga akan mendapatkan mesin hybrid pada tipe Sport dan Sport Touring.

Mesin akan sama seperti yang dipasangkan pada Civic e:HEV yakni 2.0 liter 4 silinder dengan transmisi e-CVT yang dipadukan dengan motor listrik dengan total tenaga mencapai 204 HP.

Hyundai

Hyundai Ioniq 6

Setelah Hyundai Ioniq 5 berhasil merebut titel sebagai salah satu mobil listrik terlaris di Indonesia, bukan tak mungkin rasanya PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memperkenalkan lagi mobil listrik Hyundai Ioniq 6.

Mobil ini merupakan versi produksi dari mobil konsep yang dipamerkan oleh Hyundai di GIIAS 2022 yakni Hyundai Prophecy.

Sinyal kehadiran dari Hyundai Ioniq 6 ini semakin kuat setelah mobil listrik tersebut disebut akan dipasarkan di Malaysia.

Untuk spesifikasinya, Hyundai Ioniq 6 ini akan dipasangkan dengan platform E-GMP terbaru milik Hyundai. Baterai listrik yang digunakan akan berkapasitas 77,4 kWh dipadukan dengan transmisi all wheel drive (AWD) bertenaga hingga 320 PS diikuti torsi maksimum 605 nm.

Itulah prediksi mobil baru yang akan segera meluncur di Indonesia pada tahun kelinci air 2023 ini. Manakah yang kehadirannya paling Anda tunggu?

error: Content is protected !!