Suara.com – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Hardiyanto Kenneth ikut menyoroti soal masuknya kasus penularan cacar monyet atau monkeypox di ibu kota. Menurutnya Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) harus bisa segera melakukan tindakan antisipasi.

Apalagi kata dia, virus Covid-19 sampai saat ini belum benar-benar selesai. Dikhawatirkan, dengan virus cacar monyet akan menjadi beban baru jika tidak di tangani dengan serius.

“Dinkes DKI harus benar-benar bisa mengantisipasi penyebaran kasus cacar monyet supaya tidak meluas. Saya juga mengimbau kepada warga Jakarta agar mulai mengantisipasinya dari masing-masing individu,” ujar Kenneth kepada wartawan, Senin (29/8/2022).¬†

Seharusnya Dinkes DKI kata Kenneth sudah mempersiapkan langkah antisipasi terkait virus yang penyebarannya dari hewan tersebut. Hal itu dilakukan agar kasus cacar monyet tak semakin mewabah seperti kasus virus Covid-19 sebelumnya.

Baca Juga:
Benarkah Penderita Diabetes Rentan Terinfeksi Cacar Monyet? Ini Penjelasan Dokter

“Pemprov DKI harus sudah membuat planning untuk pencegahan dan penanganan masalah virus ini secara masif, antisipasi sejak dini agar tidak mewabah seperti Covid-19, kasus Covid-19 bisa menjadikan satu pelajaran, bahwa virus yang belum ada vaksinnya tidak bisa dianggap enteng dan sebelah mata,” jelasnya.

Selain dari Dinkes, Kenneth juga mengimbau masyarakat agar sadar akan bahaya penularan cacar monyet. Setiap individu kata dia juga harus disiplin menerapkan protokol kesehatan demi terhindar dari penyakit tersebut.

 Kenneth juga meminta masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang kerap digaungkan pemerintah. Yakni mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Karena ancaman penularan penyakit cacar monyet tidak bisa dianggap main-main, jadi protokol kesehatan yang sering dianjurkan oleh pemerintah dalam menghindari penularan Covid-19. Bisa juga dilakukan dalam antisipasi menghindari penularan cacar monyet. Warga harus lebih serius menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.

Baca Juga:
Ketahui 10 Langkah Mencegah Infeksi Cacar Monyet Bagi Penderita Diabetes


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.