Unjuk Rasa di Patung Kuda, Serikat Petani Singgung Janji Jokowi Redistribusi 9 Juta Hektar yang Minim Realisasi

Unjuk Rasa di Patung Kuda, Serikat Petani Singgung Janji Jokowi Redistribusi 9 Juta Hektar yang Minim Realisasi

cnbc-indonesia.com – Sekjen Serikat Petani Indonesia Ruli Ardiansyah sempat menyinggung janji pemerintah meredistribusi 9 juta hektar tanah yang belum juga terealisasikan.

“Tapi kenyataannya sampai saat ini masih sangat minim, persoalan redistribusi, pelaksanaan reforma agraria, penyelesaian konflik, masih sangat minim realisasi,” sambungnya.

Selain itu, Ruli juga mengungkapkan perihalnya banyak petani yang mengalami diskriminasi. Tidak sedikit petani yang juga kehilangan hak lahannya karena dirampas oleh pengusaha.

Ruli menyebut banyak petani yang mengalami penggusuran karena adanya pembangunan proyek infrastruktur hingga proyek strategis nasional. Itu juga menjadi imbas lahirnya UU Omnibus Law.

“Petani juga menjadi menderita karena inti dari undang-undang Omnibus law adalah penguasaan lahan untuk kepentingan pembangunan proyek-proyek infrastruktur, atas nama proyek strategis atas nama proyek pembangunan nasional,” jelasnya.

“Itu akan dijadikan sebagai komoditi untuk penyediaan lahan bagi kepentingan investasi. Bukan untuk kepentingan petani sehingga kita menolak undang-undang Omnibus Law atau Cipta Kerja.”