cnbc-indonesia.com – LPSK berharap nantinya hukuman Bharada E bisa lebih ringan di hadapan majelis hakim.

“Bisa (dapat pengurangan), jadi esensi itu kita jaga, apa buah dari dia bisa ungkap kejahatan ya salah satunya pengurangan hukuman. Kalau jadi napi ya dia mendapat haknya, itu berbarengan dari pembelaan kuasa hukum kalau kuasa hukum bisa mendapatkan atau membebaskan dengan pledoinya ya melalui pembuktian dan sebagainya,” kata dia

Simpatik publik

Aksi Bharada E saat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J menuai simpatik publik. Bahkan netizen menukil potongan aksi Bharada E yang tegang saat memperagakan aksi penembakan ke Brigadir J. Video itu disebar akun @beritasatusama.

Bharada E tampak menyerahkan papan namanya kepada seorang laki-laki yang akan menggantikannya saat reka ulang kejadian menghadap Sambo. Padahal Ferdy Sambo justru terlihat santai ketika proses rekonstutruksi.

“Bharada E masih trauma bertemu Sambo,” ujar akun akun @*****ri

“Ya allah lindungilah keselamatan Bharada E,” ucap akun @****26.

“Harusnya papan nama Bharada E bukan tersangka tapi justice collabolator, hargai dong Bharada E,” ucao akun @****du.

Bharada E bersama empat tersangka pembunuhan Brigadir J lainnya, yakni Irjen Pol. Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf sudah mengikuti proses rekonstruksi di TKP Saguling dan TKP Duren Tiga, Selasa (30/8/2022) kemarin.

Proses rekonstruksi berjalan selama kurang lebih 7,5 jam yang terdiri atas tiga segmen, yakni bagian TKP Magelang, TKP Saguling dan TKP Duren Tiga.

Total ada 78 adegan yang diperagakan oleh para tersangka dengan rincian adegan per segmen, 16 adegan di TKP Magelang yang dilakukan di Jakarta, 35 adegan di TKP Saguling dan 27 adegan di TKP Duren Tiga.

Rekonstruksi menguak rencana pembunuhan Brigadir J, meskipun dalam prosesnya setiap tersangka memiliki versi masing-masing, kemudian oleh penyidik memberikan kesempatan tiap-tiap tersangka untuk memperagakan dengan peran pengganti.

Detik-detik tembak Brigadir J

Alkisah nyata dalam detik-detik eksekusi mati Brigadir J terjadi di ruang tengah rumah Sambo. Brigadir J tampak membungkuk di depan Bharada E seperti memohon.

Bharada E mengeluarkan senjata dari saku celananya dan mengarahkan ke Brigadir J. Kala itu, dalam rekonstruksi, tak terlihat Ferdy Sambo atau tersangka lainnya. di sana hanya ada Bharada E dan Brigadir J.

Doorrr…. Brigadir J pun dieksekusi mati. Brigadir J tergeletak di bawah tangga menuju lantai 2.