Resmi Didukung Demokrat sebagai Capres, Anies: Kami Terima Amanah Ini

cnbc-indonesia.com

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima dukungan resmi dari Partai Demokrat untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kami menerima amanah besar ini, pengemban amanah besar ini, dan insya Allah kita siap untuk berjalan bersama-sama menuju perubahan dan perbaikan,” kata Anies di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Anies mengklaim, dukungan yang diberikan oleh Demokrat adalah amanah besar untuk merawat konstitusi, merawat demokrasi, menuntaskan cita-cita reformasi serta menunaikan janji kemerdekaan terutama menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Sebuah amanah yang insya Allah akan terasa ringan bila kita kerjakan dan kita jalani bersama-sama di dalam perjalanan ke depan,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Anies pun melempar sebuah pantun yang memberikan pesan bahwa ia siap berjuang bersama Partai Demokrat.

“Pergi bersama mencari arah, arah biduk menjaga selamat. Doa dan ikhtiar membawa berkah, siap berlayar bersama Demokrat,” kata Anies.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengumumkan, Partai Demokrat telah resmi memberikan dumungan kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024.

AHY menyatakan, keputusan mendukung Anies ditetapkan melalui rapat Majelis Tinggi Partai (MTP) yang memilki wewenang dalam menetapkan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh Demokrat.

“Dengan keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang telah diambil tadu malam dan dikonfirmasi hari ini langsung kepada beliaau, Bapak Anies Baswedan sebagau calon presiden yang akan kami usung bersama, ni memeberikan kekuatan hukum pada deklarasi Partai Demokrat yang sebelumnya sudah disampaikan,” jata AHY, Kamis.

AHY menuturkan, dengan adanya dukungan resmi dari Partai Demokrat, maka gabungan partai politik yang mendukung Anies sudah lengkap.

Ia melanjutkan, deklarasi ini juga menegaskan sikap Demokrat untuk tetap bersama dengan Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera.

Selain Demokrat, Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebelumnya sudah mendeklarasikan dukungan kepada Anies.

“Demokrat akan tetap berada dalam garis perubahan dan perbaikan. Kami meyakini bahwa pemilu 2024 nanti semangat perubahan dan perbaikan ini juga smakin besar,” ujar AHY.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!