cnbc-indonesia.com – Diketahui, PFA adalah sekolah olahraga khususnya di bidang sepak bolah untuk putra Papua yang berusia antara 14 – 15 tahun. Melalui akademi tersebut, anak-anak nantinya akan mendapat pelatihan sepak bola secara rutin dengan didampingi para pelatih handal.

Profil Papua Football Academy

Papua Football Academy (PFA) yang berlokasi di Kota Timika ini diikuti oleh 30 putra Papua setelah melalui proses seleksi pencarian bakat yang kompetitif dan transparan. Adapun siswa yang terpilih akan memperoleh beasiswa penuh selama 2 tahun untuk belajar sepakbola.

Melalui PFA, para putra Papua yang lolos seleksi akan memperoleh ilmu sepak bola dan tinggal di asrama. Selain itu, selama di asrama, semua siswa juga akan memperoleh pendidikan formal serta keterampilan.

Untuk fasilitasnya, Papua Football Academy ini dilengkapi lapangan latihan taktik, lapangan pertandingan, dan pusat kebugaran di Mimika Sports Centre Kota Timika. Bukan hanya itu, PFA juga memiliki ruangan yang disebut ‘Markas PFA’ untuk para siswa belajar secara formal serta keterampilan yang dibutuhkan.

Selain berlatih, para siswa PFA juga akan diikutsertakan turnamen lokal hingga nasional, dan bahkan internasional jika memungkinkan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada siswa untuk mempraktekkan hasil latihan dan merasakan pertandingan, serta jalin persahabatan dengan anak-anak dari daerah lainnya.

Untuk tim pelatih, Papua Football Academy ini dipimpin oleh Direktur Teknik dan Tim Pelatih bernama Wolfgang Pikal. Ia mempunyai sertifikasi kepelatihan di tingkat nasional dan internasional.

Selain itu, PFA juga menyediakan tim pelatih yang memiliki lisensi kepelatihan serta mempunyai perhatian besar terhadap program pengembangan usia dini. Adapun nama-nama tim pelatih tersebut yaitu Ardiles Rumbiak, Ardus Kelly Pepuho, dan Melky Papare.

Demikian ulasan mengenai profil Papua Football Academy. Diharapkan dengan adanya PFA ini mampu melahirkan para siswa agar menjadi individu yang adipatif, kompetitif, dan berani untuk mengambil keputusan dalam beragam kesempatan, baik pada saat di lapangan maupun pada kehidupan sehari-hari.