cnbc-indonesia.com – Pantauan di lokasi, minimarket tersebut terpantau sepi pada pukul 12.00 WIB. Hanya ada beberapa kendaraan roda dua dan satu kendaraan roda empat yang terparkir di sana.

Salah satu petugas minimarket yang ditemui di lokasi membenarkan adanya peristiwa tersebut. Hanya saja, pihak yang menarik tarif sebesar Rp15 ribu bukan juru parkir yang biasa berada di minimarket.

Petugas yang enggan disebutkan namanya itu menambahkan, pihak yang menarik tarif parkir itu adalah petugas valet restoran yang disambangi pemobil itu.

“Benar ada kejadian itu. Tapi yang menarik parkir bukan tukang parkir sini. Tapi petugas valet restoran. Jadi di pengemudi mobil memang parkir di sini (minimarket),” ucap sang petugas, Rabu (31/8/2022).

Sang petugas minimarket menambahkan, sejatinya tarif parkir untuk kendaraan roda empat tidak mencapai angka Rp15 ribu. Tarifnya sama dengan kendaraan roda dua yakni Rp.2 ribu.

“Ya kalau mobil mah bayar parkir gak sampe segitu. Paling sama kaya motor.”

Polsek Mampang sebelumnya telah menggali keterangan dari juru parkir yang diduga menarik uang sebesar Rp15 ribu kepada pengemudi mobil tersebut.

“Saya 10 menit terima itu dari hari kemarin tempo hari yang lalu, anggota polsek kita perintahkan dan tukang parkir itu kami amankan,” kata Kapolsek Mampang, Kompol Supriadi kepada wartawan, Rabu (31/8/2022).

Supridi mengatakan, sang juru parkir telah dimintai keterangan oleh penyidik. Meski demikian, polisi tidak melakukan penahanan terhadap yang bersangkutan.

“Kami tidak tahan,” kata dia.

Kejadian bermula saat korban yang hendak masuk ke sebuah restoran memarkirkan kendaraannya di minimarket. Keberadaan restroan tersebut tepat di seberang minimarket.

“Kami sudah klarifikasi kemarin bahwa memang kan dia (korban) parkir di situ tapi dia belanjanya di seberang, parkirnya di indomaret tapi belanjanya di seberang,” sambung Supriadi.

Selesai dari restoran, korban yang hendak pulang kemudian dimintai biaya parkir oleh sang juru parkir. Nominal yang dipatok saat itu berjumlah Rp.15 ribu.

Korban yang merasa kaget lantas membagikan cerita kejadian tersebut di media sosial. Supriadi juga menyebut, ada faktor kesalahpahaman.

“Kesalahpahaman, dia juga ngasih kok. Cuma dia kaget aja, dia sebenarnya apa bedanya sih dengan valet gitu lah itungannya sebenarnya,” papar dia.

Viral

Cerita itu diungkapkan oleh pemilik akun TikTok @Santi_Salwa83 pada awal Agustus 2022. Video yang ia buat lantas diunggah ulang oleh akun Twitter @txtdrjkt.

Baru saja membuka pintu mobilnya, ia langsung dihampiri oleh tukang parkir yang menjaga di tempat itu.

“Pas gue baru buka mobil, si tukang parkir bilang, ‘mba bayar dulu’,” cerita warga tersebut.

Dia sempat bingung lantaran diminta untuk membayar parkir meskipun baru saja tiba di halaman parkir Indomaret. Kemudian warga tersebut bertanya kepada tukang parkir perihal besaran tarif parkir yang harus ia bayar. Jawaban dari tukang parkir itu sempat membuat dirinya kaget.

“Berapa? (tanya wanita itu), ’15 ribu’ (jawab tukang parkir),” katanya.

Warga itu sontak kebingungan dengan tarif parkir yang dipatok si tukang parkir.Unggahan video itu kemudian menjadi perbincangan warganet lainnya. Beberapa warganet juga ikut mendebatkan perihal penarikan uang parkir karena Indomaret telah membuat kebijakan gratis parkir untuk konsumennya.