Mengenal KRI Panah-626, Kapal Cepat Rudal 60M Versi Ke-6 yang Lolos Uji Pelayaran

cnbc-indonesia.com – Kapal Perang Republik Indonesia ( KRI ) Panah-626 telah menyelesaikan uji pelayaran atau Sea Acceptance Test (SAT) yang digelar pada Rabu (11/1/2023) hingga Jumat (13/1/2023).

Kapal Cepat Rudal ( KCR ) 60m versi keenam yang diproduksi PT PAL Indonesia itu sukses menjalankan SAT dengan mampu mencapai kecepatan rata-rata yang melebihi kecepatan yang disyaratkan dalam kontrak.

“Di mana capaian kecepatan yang mampu ditorehkan oleh KCR 60m ke-6 ini yakni rata-rata 29,1 knot pada kondisi kapal full load progresif 100 persen MCR. Nilai ini melampaui yang disyaratkan pada kontrak,” ujar Chief Operating Executive PT PAL Iqbal Fikri.

Tidak hanya itu, hasil memuaskan juga ditunjukkan pada hasil pengujian pada total ship performance test yang terdiri dari stopping test, reversing test, dan crash stop astern test.

Setelah uji pelayaran, KRI Panah-626 selanjutnya akan melakukan uji penembakan senjata utama.

Dikutip dari siaran pers PT PAL, KCR ke-6 ini mengusung senjata utama berupa meriam 57mm Mk3 yang telah mengadopsi sistem penembak otomatis.

KRI Panah-626 memiliki panjang keseluruhan 60 meter dengan lebar 8,10 meter dan tinggi 4,85 meter, serta mampu membawa muatan penuh 450 sampai 500 ton.

Kemudian, KRI Panah-626 telah dilengkapi dengan sistem persenjataan yang mampu mendeteksi sasaran atau target baik di udara, permukaan, dan bawah laut.

KCR ke-6 juga dilengkapi sistem persenjataan (Main Gun) 57 mm Bofors, Shipborne gun 20 mm, dan SSM ( Surface to Surface Missile) Exocet 40MM B3.

Kapal itu juga memiliki kemampuan patroli dengan jarak tempuh dan kecepatan jelajah mumpuni untuk menjaga laut teritorial Indonesia yang luas pada kondisi Sea State 6 dan kemampuan pengoperasian senjata pada Sea State 4.

Nantinya, KRI Panah-626 direncanakan bergabung dan memperkuat KRI yang akan bertugas di satuan kapal cepat Koarmada III.

Untuk diketahui, KRI Panah-626 telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di area Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia, Surabaya, Jawa Timur, pada 20 April 2022.

Kapal itu merupakan KCR 60m versi keenam, sebelum KRI Kapal-625, KRI Kerambit-627, KRI Sampari-628, KRI Tombak-629, dan KRI Halasan-630.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!