cnbc-indonesia.com – Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi dua pebulu tangkis tunggal putra Indonesia yang melalui babak 32 besar pada hari kedua pelaksanaan turnamen Japan Open 2022 di Osaka, Rabu.

Jonatan tampil lebih dulu dengan mengalahkan pebulu tangkis Belanda, Mark Caljouw dengan rubber game 21-13, 22-24, 21-10 yang berlangsung selama 59 menit.

“Di gim pertama saya bisa menguasai pertandingan karena lawan mainnya lebih santai. Lalu di gim ketiga saya bisa lebih tenang dan sabar,” kata Jonatan soal keunggulannya, menurut keterangan resmi PP PBSI di Jakarta.

Pada gim kedua, Jonatan menghadapi situasi menegangkan karena Mark mampu mengakali strateginya dan tampil cukup agresif.

“Di gim kedua saya agak terpancing emosinya dengan provokasi permainan dia, jadi maunya menyerang terus tapi dia sudah antisipasi dengan menjaganya agak di belakang. Makanya dia mudah membalikkan bola saya. Itu mungkin memang strategi dia,” ujar Jonatan menceritakan.

Selain itu, Jonatan menilai kondisi lapangan turnamen Japan Open tahun ini berbeda dari edisi-edisi sebelumnya. Oleh sebab itu ia mengaku agak kesulitan dalam mengontrol pukulan saat menghadapi pebulu tangkis peringkat ke-27 itu.

Hasil yang tak kalah menggembirakan juga diciptakan Chico, yang menundukkan pemain tuan rumah, sekaligus peringkat dua dunia Kento Momota.

Chico unggul dua gim langsung 21-15, 22-20 atas Momota, sehingga menambah rekor pertemuannya menjadi unggul 2-0.

“Pertama mengucap alhamdulillah bisa bermain dengan baik hari ini dan tanpa cedera. Cukup senang kembali bisa mengalahkan Momota. Saya bisa nyaman di lapangan tanpa memikirkan pernah menang melawan dia. Kembali ke 0-0 lagi,” ujar Chico menceritakan.

Chico mengaku begitu bersemangat saat masuk ke lapangan dan kembali bertemu dengan Momota. Perjumpaannya dengan Momota menjadi motivasi tersendiri agar bisa tampil terbaik dan menghasilkan kemenangan pada babak 32 besar turnamen level BWF Super 750 ini.

“Tadi saya coba buat main lebih berani terutama saat poin-poin kritis di mana saya tertinggal 17-20. Momota malah temponya menurun, lalu saya coba ambil kesempatan itu,” ungkap Chico.

Sukses melalui babak pertama dengan mengalahkan salah satu pebulu tangkis terbaik di dunia saat ini, menambah semangat Chico untuk tampil prima pada babak selanjutnya.

“Pastinya menambah motivasi saya untuk pertandingan selanjutnya. Semoga di babak 16 besar bisa tampil lebih baik lagi, bisa mengeluarkan permainan terbaik dan menikmati setiap poinnya,” ujarnya.