cnbc-indonesia.com – Kepala Staf Angkatan Laut ( KSAL ) Laksamana Yudo Margono berharap TNI Angkatan Laut ke depan semakin profesional, modern, dan tangguh.

Hal itu disampaikan Yudo usai memimpin upacara hari ulang tahun (HUT) ke-77 TNI AL di Komplek Satuan Koarmada I, Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (12/9/2022).

“Tentunya sesuai visi kita ke depan Angkatan Laut sudah kita siapkan dari sekarang, kita bina dari sekarang, untuk menjadi Angkatan Laut yang profesional, modern, dan tangguh,” kata Yudo kepada wartawan di lokasi.

Meski demikian, diakui dia, tidak mudah mencapai hal itu dengan dukungan sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana yang ada saat ini.

Namun, Yudo menegaskan TNI AL mempunyai keyakinan untuk bisa mewujudkan hal itu.

“Kita memiliki kemauan yang kuat untuk memajukan Angkatan Laut yang profesional, modern, dan tangguh sesuai visi saya waktu awal menjadi KSAL,” ujar Yudo.

Untuk itu, Yudo menambahkan, TNI AL saat ini akan terus membina SDM hingga alat utama sistem persenjataan (alutsista), guna memajukan matra laut.

“Untuk menuju Angkatan Laut yang Jalesveva Jayamahe, di laut kita jaya, di laut kita menang,” imbuh dia.

Dalam upacara HUT ke-77 TNI AL, turut diikuti sejumlah batalyon mulai dari pasukan khusus hingga kompi Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal).

Selain itu, sejumlah alutsista juga turut dihadirkan yang meliputi KRI Kurau-865, KRI Bawal-875, dan KRI Dewaruci.