cnbc-indonesia.com – Bahkan kerap beredar di media sosial bahwa Bahasa Inggris dijuluki sebagai bahasa yang rumit sekaligus sulit untuk dipelajari. Tapi, tahukah Anda bahwa terdapat tips dan trik yang memungkinkan Anda belajar Bahasa Inggris dengan cepat.

Untuk selengkapnya, berikut adalah ulasan cara cepat belajar Bahasa Inggris yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Manfaatkan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Lewat Handphone

Aplikasi belajar Bahasa Inggris menawarkan alternatif belajar bahasa asing yang terasa lebih mudah dan menyenangkan. Saat ini Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi belajar Bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya melalui Play Store maupun App Store.

Melalui aplikasi ini Anda bisa memilih materi hingga menentukan target Anda. Tak hanya itu, materi juga disajikan dengan cara yang menyenangkan melalui game dan lain sebagainya.

Terdapat beberapa aplikasi belajar Bahasa Inggris yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris seperti Dualingo, Hello English, BBC Learning English dan lain sebagainya.

2. Belajar Bahasa Inggris Lewat Film Aja

Jika kami penikmat film hollywood, maka kegemaran ini bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu loh.

Caranya cukup mudah, biasakan diri untuk menonton film tanpa menggunakan subtitlle. Dengan cara ini kamu akan melatih kemampuan listening sekaligus menambah kosakata baru.

3. Dengar Lagu Sekaligus Belajar Bahasa

Sama halnya dengan menonton film, mendengarkan lagu Bahasa Inggris juga mengasah kemampuan listening dan memperkaya kosakata.

Jika terdapat kosakata yang tidak kamu pahami maka carilah artinya dalam bahasa Indonesia menggunakan kamus. Bila perlu catat kosakata baru ini. Perlahan, kosakatamu akan semakin banyak.

4. Membaca Berita atau Artikel dalam Bahasa Inggris

Tak hanya menonton dan mendengarkan lagu, jika ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cepat maka Anda harus membiasakan diri membaca satu berita atau artikel Bahasa Inggris dalam sehari.

Baca teks dengan seksama agar kamu memahami struktur penulisan formal dalam bahasa Inggris. Selain itu catat dan cari makna kosakata yang tidak kamu pahami. Cara ini akan memperkaya kosakata bahasa Inggrismu secara perlahan.

5. Membuat Kamus Berisi Kosakata

Tiga kegiatan menyenangkan seperti menonton film, mendengarkan lagu hingga membaca artikel dalam bahasa Inggris bertujuan memperkaya kosakata. Setelah Anda menemukan makna dari kata yang tak Anda pahami, maka langkah berikutnya adalah menyusun kamus kosakata.

Anda bisa membuat kamus sekreatif mungkin sesuai keinginan Anda. Tak hanya ditulis, Anda juga harus rajin membuka dan membaca kembali agar kosakata ini tak menguap begitu saja.

6. Belajar Bahasa Inggris Lewat Youtube

Tak sedikit orang yang memanfaatkan Youtube untuk mempelajari kemampuan baru seperti menjahit, menggambar, berkebun, memasak dan lain sebagainya.

Hal serupa juga berlaku bagi Anda yang ingin menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Di YouTube, Anda akan menjumpai saluran yang menyediakan video tutorial materi Grammar, Vocabulary, Pronunciation, IELTS, TOEFL, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan perihal cara cepat belajar bahasa Inggris yang bisa Anda aplikasikan. Semoga bermanfaat.