Menteri PUPR Sebut Jalan Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh pada Juni 2023

Menteri PUPR Sebut Jalan Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh pada Juni 2023

cnbc-indonesia.com – JAKARTA, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menginstruksikan penyelesaian konstruksi Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 kilometer (km) pada awal Juni 2023. Dengan begitu, Jalan Tol Cisumdawu dapat beroperasi seluruhnya sepanjang 62 km.

Spesial Brand Festival! Selected Product diskon s/d 40%|Mall FLASH SALE|Dapatkan Cashback Spesial s/d 50%

“Jalan Tol Cisumdawu merupakan proyek strategis nasional yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Segera operasionalkan dengan tetap mengutamakan kualitas, safety, dan estetika. Ruas Tol Cisumdawu sekaligus juga untuk mendukung operasional Bandara Kertajati,” ujar Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (22/5/2023).

Adapun, saat ini ruas Tol Cisumdawu yang telah beroperasi Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan (11,45 km) sejak Januari 2022. Diikuti dengan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (17,05 km) dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (4,05 km) yang beroperasi sejak Desember 2022.

Tol Cisumdawu terdiri dari enam seksi yang dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun. Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara, Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT CKJT.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News