News  

Menlu Retno soroti perlunya forum Y20 untuk majukan dua peran pemuda

Menlu Retno soroti perlunya forum Y20 untuk majukan dua peran pemuda

Jadi, untuk bisa menapaki masa depan yang lebih baik, Y20 harus bisa memajukan dua peran pemuda

Jakarta (ANTARA) – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyoroti perlunya forum Y20 (Youth 20) untuk memajukan dua peran pemuda guna mencapai masa depan dunia yang lebih baik.

“Jadi, untuk bisa menapaki masa depan yang lebih baik, Y20 harus bisa memajukan dua peran pemuda,” kata Menlu Retno di acara KTT Y20 Indonesia 2022, yang digelar secara hibrida di Jakarta, Selasa.

Menlu Retno mengatakan bahwa di tengah tantangan global yang ada saat ini, dia percaya bahwa kapabilitas transformatif dari 1,2 miliar anak muda di seluruh dunia bisa memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap solusi dunia.

Untuk itulah, forum Y20, sebagai sebuah wadah konsultasi pemuda dari 20 negara-negara anggota G20, yang presidensinya tahun ini dipegang oleh Indonesia, menurut Menlu Retno, memiliki tanggung jawab untuk memajukan dua peran pemuda dalam penanganan isu global.

Baca juga: Yenny Wahid: Dunia akan bergantung pada inisiatif anak muda

Peran pertama adalah bahwa pemuda merupakan agen perdamaian. Sebagai pemimpin masa depan, anak muda harus memainkan peran penting untuk memastikan perdamaian dan masa depan yang sejahtera dan berkelanjutan.

Di dalam dunia yang terglobalisasi dan saling terkoneksi, hal itu, kata Menlu, bisa dilakukan dengan menumbuhkan dialog, kemudian membangun jembatan yang didasari dengan keragaman.

“Ini adalah prinsip-prinsip yang harus dimajukan untuk menjamin perdamaian,” katanya.

Selain itu, pemuda juga, kata dia, merupakan agen perubahan. Y20, kata Menlu, harus bisa mengatasi berbagai tantangan-tantangan dan mengubah dunia menjadi lebih baik, serta memikirkan solusi-solusi inovatif.

“Dalam konteks ini, pemuda harus berinvestasi pada isu-isu yang dapat berdampak pada masa depan, seperti kesehatan, transformasi digital, transisi energi dan juga menjadi masa depan yang lebih baik untuk generasi selanjutnya,” kata Menlu.

Sebagai agen perubahan dan agen instrumental dari isu tersebut, Menlu Retno menyambut dengan baik rekomendasi dari acara puncak Y20 tentang upaya untuk mencapai kemajuan untuk isu-isu prioritas tersebut.

Ia juga berharap agar acara puncak Y20 bisa menjadi platform yang efektif untuk meneruskan tampuk kepemimpinan kepada kelompok pemuda.

“Pemuda harus menjadi sumber solusi bagi dunia untuk pulih bersama dan pulih dengan lebih baik lagi,” demikian katanya.

Baca juga: “Dengar Alam Bernyanyi” Laleilmanino akan diputar lagi di acara Y20

Baca juga: Puan ajak pemuda dunia terlibat dalam politik

Pewarta: Katriana
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan