Bisnis  

Menimbang Investasi Cryptocurrency yang Bagus

Menimbang Investasi Cryptocurrency yang Bagus

cnbc-indonesia.com – Apakah investasi cryptocurrency merupakan investasi yang baik? Cryptocurrency adalah investasi yang baik jika Anda ingin mendapatkan eksposur langsung terhadap permintaan mata uang digital.

Alternatif yang lebih aman tetapi mungkin kurang menguntungkan adalah membeli saham perusahaan yang terkait dengan kripto. Mari kita tinjau pro dan kontra dari investasi dalam kripto.

Apakah Cryptocurrency Aman?

Berdasarkan beberapa faktor, cryptocurrency tidak selalu merupakan investasi yang aman. Namun, tanda-tanda lain menunjukkan bahwa kripto akan terus ada.

Risiko Investasi dalam Cryptocurrency

Bursa kripto, lebih rentan terhadap serangan hacker dan menjadi sasaran aktivitas kriminal dibandingkan bursa saham.

Pelanggaran keamanan telah menyebabkan kerugian yang besar bagi investor yang mata uang digitalnya dicuri, sehingga banyak bursa dan perusahaan asuransi pihak ketiga mulai menawarkan perlindungan terhadap serangan peretas.

Menyimpan kripto dengan aman juga lebih sulit daripada memiliki saham ataupun obligasi baik itu milik pemerintah ataupun institusi lainnya.

Bursa kripto seperti Coinbase memudahkan pembelian dan penjualan aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum, tetapi banyak orang tidak suka menyimpan aset digital mereka di bursa karena risiko memberikan kendali atas aset mereka kepada perusahaan.

Menyimpan kripto di bursa berarti Anda tidak memiliki kendali penuh atas aset Anda. Bursa dapat membekukan aset Anda berdasarkan permintaan pemerintah, atau bursa dapat bangkrut dan Anda tidak memiliki jalan untuk mendapatkan kembali uang Anda.

Beberapa pemilik cryptocurrency lebih memilih opsi penyimpanan “cold storage” seperti dompet perangkat keras, tetapi penyimpanan dingin ini juga memiliki tantangan tersendiri.

Risiko terbesar adalah kehilangan kunci pribadi Anda; tanpa kunci, tidak mungkin untuk mengakses kripto Anda.

Tidak ada jaminan bahwa proyek crypto yang Anda investasikan akan berhasil. Persaingan ketat terjadi di antara ribuan proyek blockchain, dan banyak proyek hanyalah penipuan. Hanya sedikit persentase proyek kripto yang akan berhasil.

Pihak berwenang juga dapat mengambil tindakan tegas terhadap seluruh industri kripto, terutama jika pemerintah menganggap investasi cryptocurrency sebagai ancaman daripada teknologi inovatif.

Elemen teknologi canggih dari kripto juga meningkatkan risiko bagi investor. Sebagian besar teknologi ini masih dalam pengembangan dan belum banyak teruji dalam skenario dunia nyata.

Adopsi Cryptocurrency

Meskipun risikonya tinggi, cryptocurrency dan industri blockchain semakin kuat. Infrastruktur keuangan yang sangat dibutuhkan sedang dibangun, dan investor semakin mampu mengakses layanan pengamanan berstandar institusi, dikutip dari Fool.

Investor profesional dan individu secara bertahap mendapatkan alat yang mereka butuhkan untuk mengelola dan melindungi aset kripto mereka.

Pasar futures crypto sedang dibentuk, dan banyak perusahaan mendapatkan eksposur langsung ke sektor kripto.

Raksasa keuangan seperti Block dan PayPal semakin memudahkan pembelian, penjualan dan investasi cryptocurrency di platform populer mereka. Perusahaan lain, termasuk Block, telah menginvestasikan ratusan juta dolar ke Bitcoin dan aset digital lainnya.

Tesla juga membeli Bitcoin senilai US$1,5 miliar pada awal 2021. Pada Februari 2022, perusahaan mobil listrik tersebut melaporkan bahwa mereka memiliki hampir US$2 miliar Bitcoin.

MicroStrategy, perusahaan perangkat lunak kecerdasan bisnis, telah mengumpulkan Bitcoin sejak 2020. Mereka memegang US$5,7 miliar kripto pada akhir 2021 dan mengatakan mereka berencana untuk membeli lebih banyak dengan uang tunai yang dari operasional.

Meskipun faktor lain masih mempengaruhi risiko investasi cryptocurrency, peningkatan adopsi menunjukkan bahwa industri ini semakin matang.

Investor individu dan perusahaan mencari untuk mendapatkan eksposur langsung ke kripto, menganggapnya cukup aman untuk menginvestasikan jumlah uang yang besar.

Apakah Investasi Cryptocurrency Untuk Jangka Panjang Itu Baik?

Banyak kripto seperti Bitcoin dan Ethereum diluncurkan dengan tujuan yang ambisius, yang dapat dicapai dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun keberhasilan setiap proyek cryptocurrency tidak dijamin, investor awal dalam proyek kripto yang mencapai tujuannya dapat mendapatkan imbal hasil yang besar dalam jangka panjang.

Namun, untuk setiap proyek cryptocurrency, adopsi yang luas diperlukan agar dapat dianggap sebagai keberhasilan jangka panjang.

Bitcoin Sebagai Investasi Jangka Panjang

Bitcoin, sebagai kripto yang paling dikenal, mendapatkan manfaat dari efek jaringan – lebih banyak orang ingin memiliki BTC karena Bitcoin dimiliki oleh banyak orang.

Saat ini, Bitcoin dianggap oleh banyak investor sebagai “emas digital,” tetapi juga dapat digunakan sebagai bentuk uang digital.

Investor Bitcoin percaya bahwa investasi cryptocurrency ini akan meningkat nilainya dalam jangka panjang karena pasokannya terbatas, tidak seperti pasokan mata uang fiat seperti dolar AS atau yen Jepang.

Pasokan Bitcoin terbatas pada kurang dari 21 juta koin, sedangkan kebanyakan mata uang dapat dicetak sesuai kehendak bank sentral. Banyak investor mengharapkan Bitcoin akan meningkat nilainya seiring depresiasi mata uang fiat.

Mereka yang optimis tentang Bitcoin digunakan secara luas sebagai uang digital percaya bahwa Bitcoin memiliki potensi untuk menjadi mata uang global pertama yang benar-benar merata.

Ethereum Sebagai Investasi Jangka Panjang

Ether adalah koin asli dari platform Ethereum dan dapat dibeli oleh investor yang ingin mendapatkan eksposur portofolio terhadap Ethereum.

Sementara Bitcoin dapat dilihat sebagai emas digital, Ethereum membangun platform komputasi global yang mendukung banyak investasi cryptocurrency lainnya dan ekosistem aplikasi terdesentralisasi yang besar.

Banyak kripto yang dibangun di platform Ethereum, ditambah dengan sifat open-source dApps, menciptakan peluang bagi Ethereum untuk juga mendapatkan manfaat dari efek jaringan dan menciptakan nilai jangka panjang yang berkelanjutan.

Platform Ethereum memungkinkan penggunaan “smart contract,” yang dieksekusi secara otomatis berdasarkan ketentuan yang ditulis langsung ke dalam kode kontrak.

Jaringan Ethereum mengumpulkan Ether dari pengguna sebagai imbalan untuk menjalankan smart contract.

Teknologi smart contract memiliki potensi besar untuk mengganggu industri besar seperti real estate dan perbankan, serta menciptakan pasar baru secara keseluruhan.

Seiring dengan meningkatnya penggunaan platform Ethereum di seluruh dunia, token Ether juga meningkat dalam utilitas dan nilai.

Investor yang bullish terhadap potensi jangka panjang dari platform Ethereum dapat menguntungkan dengan memiliki Ether secara langsung.

Namun, bukan berarti Ethereum tidak memiliki persaingan. Sejumlah “Pembunuh Ethereum,” termasuk Solana, Polygon, dan Avalanche.

Semua dibangun untuk menangani smart contract dan menggunakan sistem blockchain yang mampu memproses lebih banyak transaksi per detik.

Kecepatan ini juga memiliki keuntungan tambahan berupa biaya yang lebih rendah bagi pengguna. Tetapi Ethereum adalah platform yang paling banyak diadopsi untuk menggunakan smart contract.

Apakah Anda Seharusnya Investasi Di Cryptocurrency?

Mempunyai sejumlah cryptocurrency dapat meningkatkan diversifikasi portofolio Anda, karena kripto seperti Bitcoin secara historis menunjukkan sedikit korelasi harga dengan pasar saham AS.

Jika Anda percaya bahwa penggunaan cryptocurrency akan semakin meluas seiring berjalannya waktu, maka mungkin masuk akal bagi Anda untuk membeli beberapa kripto secara langsung sebagai bagian dari portofolio yang terdiversifikasi.

Untuk setiap kripto yang Anda investasikan, pastikan Anda memiliki teori investasi mengapa mata uang tersebut akan bertahan lama.

Jika Anda melakukan riset dan belajar sebanyak mungkin tentang cara berinvestasi dalam cryptocurrency, Anda seharusnya dapat mengelola risiko investasi sebagai bagian dari portofolio Anda secara keseluruhan.

Jika membeli kripto terasa terlalu berisiko, Anda dapat mempertimbangkan cara lain untuk berpotensi mendapatkan keuntungan dari kenaikan nilai kripto.

Anda dapat membeli saham perusahaan seperti Coinbase, Block, dan PayPal, atau Anda dapat investasi cryptocurrency dalam bursa seperti CME Group, yang memfasilitasi perdagangan masa depan kripto. [az]