Meksiko Tangkap Gembong Narkoba yang Pernah Bunuh Agen DEA

Meksiko Tangkap Gembong Narkoba yang Pernah Bunuh Agen DEA

Mexico City: Seorang gembong narkotika ternama yang berada dalam daftar 10 tokoh paling diburu Biro Investigasi Federal (FBI) telah berhasil ditangkap Angkatan Laut Meksiko, menurut keterangan seorang sumber kepada kantor berita CNN, Jumat, 15 Juli 2022.
 
Rafael Caro Quintero dianggap otoritas Meksiko sebagai pendiri kartel narkoba Guadalajara. Selama ini, Caro Quintero diduga kuat telah menyelundupkan banyak narkoba jenis metamfetamina (sabu), heroin, kokain dan mariyuana.
 
Diyakini berusia 60-an tahun, Caro Quintero diburu otoritas Amerika Serikat (AS) atas keterlibatan dalam penculikan dan pembunuhan seorang agen khusus Badan Penegakan Hukum Narkotika (DEA), Enrique Camarena Salazar, di tahun 1985.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut keterangan DEA, Camarena Salazar telah diculik, disiksa dan dibunuh sebagai balasan atas penggerebekan ladang mariyuana milik Caro Quintero di tahun 1984. Peristiwa tersebut telah dijadikan sebuah film drama berjudul “Narcos: Mexico.”
 
Caro Quintero menghabiskan waktu 28 tahun di penjara Meksiko atas pembunuhan tersebut, sebelum kemudian dibebaskan pada 2013. Mahkamah Agung Meksiko kemudian mencabut sebuah keputusan yang telah membuat Caro Quintero bebas.
 
Berdasarkan informasi FBI, Caro Quintero yang telah bebas sejak 2013 kembali terlibat sindikat penyelundupan narkoba sejak pemimpin senior kartel Sinaloa.
 
Jaksa Agung AS Merrick Garland mengatakan pada Jumat kemarin bahwa Washington akan segera mengupayakan ekstradisi Caro Quintero. AS ingin gembong narkoba itu diadili di bawah sistem hukum Negeri Paman Sam.
 
“Tidak ada tempat bersembunyi bagi siapa pun yang menculik, menyiksa dan membunuh aparat penega hukum Amerika,” tegas Garland.
 
Sebelumnya, Caro Quintero pernah berkata bahwa beberapa upaya untuk menangkapnya merupakan aksi “balas dendam yang salah alamat.”
 
Pada 2018, otoritas AS mengumumkan uang hadiah USD20 juta untuk informasi yang dapat berujung pada penangkapan Caro Quintero. David Bowdich, Deputi Direktur FBI kala itu, mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa Caro Quintero merupakan “salah satu bos besar penyelundupan narkoba di Meksiko.”
 
Baca:  Istri Gembong Narkoba El Chapo Ditangkap di Bandara AS
 

(WIL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan