Mantan PM Italia Silvio Berlusconi Keluar dari RS Setelah 6 Minggu Dirawat

Mantan PM Italia Silvio Berlusconi Keluar dari RS Setelah 6 Minggu Dirawat

cnbc-indonesia.com – Silvio Berlusconi telah keluar dari rumah sakit di Milan, menyatakan mimpi buruk telah berakhir, lebih dari enam minggu setelah mantan perdana menteri Italia itu dirawat karena leukemia dan infeksi paru-paru.

“Hari ini, setelah 45 hari yang panjang, saya akhirnya kembali ke rumah,” kata miliuner media berusia 86 tahun itu dalam sebuah pernyataan setelah meninggalkan Rumah Sakit San Raffaele pada hari Jumat (19/5/2023).

Dia menggambarkan proses itu sebagai emosi yang luar biasa dan sangat melegakan.

“Itu adalah periode yang menyusahkan dan sulit, tetapi setelah kegelapan, saya menang lagi,” ujarnya, seperti dilansir dari Guardian.

Dalam pernyataan yang berapi-api, Berlusconi berterima kasih kepada Tuhan dan semua orang yang telah mendukungnya.

“Saya tidak pernah merasa sendirian. Mimpi buruk telah berakhir … Hidup panjang, selalu!” ujarnya.

Senator, yang diganggu oleh masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir, dirawat di San Raffaele pada 5 April dan menghabiskan satu setengah minggu pertama dalam perawatan intensif.

Dokter mengatakan dia telah dirawat untuk pengobatan infeksi paru-paru, sebelum mengungkapkan untuk pertama kalinya bahwa dia menderita leukemia.

Silvio Berlusconi digambarkan tiba pada bulan Oktober untuk bertemu dengan Presiden Italia, Sergio Mattarella.

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, yang koalisi pemerintahannya termasuk partai Forza Italia sayap kanan Berlusconi, memimpin ucapan selamat atas kepulangannya.

“Pergi Silvio!” cuitnya. “Kami menunggu Anda di lapangan, untuk bertarung bersama dalam banyak pertempuran.”

Berlusconi memimpin Italia tiga kali antara 1994 dan 2011 tetapi telah mendominasi kehidupan publik lebih lama lagi, sebagai pengusaha dan tokoh media dan melalui kepemilikannya atas klub sepak bola AC Milan.

Kariernya juga dirundung skandal dan kesengsaraan hukum, yang selama satu dekade terakhir difokuskan pada proses yang berkaitan dengan pesta seks terkenal “Bunga Bunga”.

Meloni telah mengunjungi Berlusconi di rumah sakit, mengatakan setelah itu bahwa dia dalam suasana hati yang sangat baik dan masih bekerja tanpa lelah.

Mantan perdana menteri itu juga menerima kunjungan dari wakilnya Forza Italia, menteri luar negeri Antonio Tajani, dan sekutu koalisi Matteo Salvini, pemimpin partai Liga anti-imigrasi.

“Selamat datang di rumah, Great Silvio,” tweet Salvini.

“Kami semua senang Anda telah kembali ke rumah,” tulis Tajani.

Berlusconi berharap untuk keluar dari rumah sakit awal bulan ini tepat waktu untuk konvensi Forza Italia di Milan, tetapi akhirnya berbicara kepada para delegasi dalam pidato video yang direkam sebelumnya yang difilmkan di kamar rumah sakitnya.

Meski tetap menjadi presiden Forza Italia, Berlusconi jarang terlihat di depan umum akhir-akhir ini, dan kesehatannya telah lama menjadi perhatian.

Dia dirawat di rumah sakit selama 11 hari karena pneumonia terkait Covid pada September 2020, setelah tertular virus saat berlibur di Sardinia.