Kunjungi Pesantren Riset Al-Muhtada, Waketum DMI Tekankan Strategi Memajukan SDM Berkualitas

Kunjungi Pesantren Riset Al-Muhtada, Waketum DMI Tekankan Strategi Memajukan SDM Berkualitas

Jakarta: Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (Purn) Syafruddin mengunjungi Pesantren Riset Al-Muhtada Kota Semarang, Kamis, 28 Juli 2022. Kedatangan Syafruddin bersama tim disambut baik Pimpinan Pesantren Riset Al-Muhtada, Dani Muhtada, beserta para pengurus pesantren.
 
Dalam kesempatan itu, Syafruddin menyampaikan salah satu dari strategi penting untuk memajukan suatu bangsa adalah dengan memberdayakan sumber daya manusia yang berkualitas. Investasi sumber daya manusia yang berkualitas ini tentu hasilnya tidak bisa dilihat secara langsung, tetapi penting untuk dilakukan serta membutuhkan proses yang panjang dan berkelanjutan.
 
Menurut dia, para mahasantri di Pesantren Riset Al-Muhtada ini sangat beruntung. Sebab, selain sebagai mahasiswa di Universitas Negeri Semarang dengan kegiatan kampusnya juga memiliki aktivitas keagaaman serta riset di luar kegiatan kampusnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Dani Muhtada selaku pimpinan pesantren menyambut baik silaturahmi Syafruddin dan tim. Dalam sambutannya, dia menyampaikan beberapa program yang telah berjalan di Pesantren Riset Al-Muhtada.
 
Beberapa program unggulan antar lain kegiatan riset atau penelitian yang dilakukan setiap tahunnya oleh mahasantri. Output-nya adalah publikasi di jurnal terakreditasi Sinta 1, 2, dan 3. Adapun topik riset atau meneliti yang dilakukan, yaitu sosial kemasyarakatan dan keagamaan.
 
Merespons hal tersebut, Syafruddin menantang para mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada untuk membuat penelitian tentang tingkat literasi Al-Qur’an. Menurut dia, riset tentang hal tersebut sangat penting dilakukan karena Indonesia adalah negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia.
 
Data tentang literasi Al-Qur’an ini akan membantu program peningkatan literasi Al-Qur’an. Literasi Al-Qur’an yang baik akan mengantarkan pada pemahaman dan pengamalaman Al-Qur’an yang lebih baik.
 

Terkait dengan visi Pesantren Riset, Syafruddin juga menyampaikan bahwa investasi sumber daya manusia menjadi hal penting untuk menwujudkan peradaban bangsa yang berkualitas. Suatu bangsa dapat dikatakan maju bukan dilihat dari sumber daya alam yang tersedia, bahkan sumber daya alam yang tersedia pun bisa habis oleh manusianya. Sedangkan, sumber daya manusia justru semakin bertambah.
 
Harapan Syafruddin mahasantri Riset Al-Muhtada dapat melakukan riset atau penelitian terkait dengan peningkatan kualitas sumber daya mansia, di antaranya melalui suatu topik ‘Aktualisasi Perwujudan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Literasi Baca Qur’an’ yang nantinya dapat dikembangkan lebih spesifik dan mendalam.
 
Pesantren Riset Al-Muhtada sendiri merupakan pesantren mahasiswa yang memiliki tujuan menciptakan muslim yang berintelektual, berakhlak mulia, berprestasi, dan memiliki keterampilan riset yang unggul.
 

(JMS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan