News  

Ketahui Jenis Vaksin Booster Kedua, Segera Diberikan kepada Masyarakat!

Ketahui Jenis Vaksin Booster Kedua, Segera Diberikan kepada Masyarakat!

Suara.com – Pemerintah Indonesia kembali menggelar booster kedua vaksin COVID-19, sejak Jumat (29/7/2022). Pemberian vaksin dosis keempat ini akan diprioritaskan lebih dulu kepada para tenaga kesehatan karena dinilai yang paling rentan terhadap risiko penularan. Lantas apa jenis vaksin Booster kedua ini? 

Dosis keempat vaksin COVID-19 yang diberikan ini diharapkan dapat memberi perlindungan ekstra dalam melakukan pelayanan di garda depan oleh tenaga medis. 

“Vaksinasi COVID-19 dosis booster ke-2 bagi SDM kesehatan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan atau di pos pelayanan vaksinasi COVID-19,” tulis Kemenkes dalam SE tentang booster kedua vaksin COVID-19. 

Booter kedua ini dilakukan dalam kurun waktu minimal interval selama 6 bulan sejak booster pertama diberikan. Vaksin booster kedua ini bisa dilakukan melalui fasilitas pelayanan kesehatan dan ataupun pos pelayanan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan. 

Baca Juga:
Cara Daftar Vaksin Dosis Ke-4, Kapan untuk Masyarakat Umum?

“Pemberian vaksinasi COVID-19 dosis booster ke-2 tersebut diberikan dengan interval 6 (enam) bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama,” tulis Surat Edaran tersebut. 

Sementara untuk jenis vaksin yang digunakan merurujuk Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/ 3615 /2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan dituliskan, vaksin yang diberikan telah mendapatkan Persetujuan Pengguna dalam Kondisi Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM. Serta dengan catatan harus memperhatikan ketersediaan stok vaksin yang ada.  

Sebagai informasi dalam pemberian dosis booter kedua ini, BPOM telah mengeluarakan EUA untuk sejumlah jenis vaksin yang akan diberikan. Sebelumnya, kmbinasi pemberian jenis vaksin ini juga telah diumumkan kepada masyarakat. Ada yang akan menggunakan jenis sama dengan dua dosis pertama atau berbeda. 

Berikut jenis vaksin dan kombinasi vaksin yang diberikan pada program kedua. 

Jenis Vaksin Booster Kedua 

Baca Juga:
Vaksinasi di Lamongan Harus Digeber, Stok Vaksin AstraZeneca Sebentar Lagi Kedaluwarsa

Adapun jenis vaksin booster kedua sebagaimana ditetapkan Kementerian Kesehatan RI antara lain yaitu: 

1. Vaksin Primer Sinovac 

Booster: separuh dosis AstraZeneca, dosis penuh Moderna, separuh dosis Pfizer, dosis penuh Sinopharm, dosis penuh Sinovac, atau dosis penuh Zifivax. 

2. Vaksin Primer AstraZeneca 

Booster: separuh dosis Moderna, dosis penuh Pfizer atau dosis penuh Astra Zeneca. 

3. Vaksin Primer Pfizer 

Booster: separuh dosis Moderna, dosis penuh Pfizer, atau dosis penuh Astra Zeneca. 

4. Vaksin Primer Moderna 

Booster: separuh dosis Moderna 

5. Vaksin Primer Janssen (J&J) 

Booster: separuh dosis Moderna 

6. Vaksin Primer Sinopharm 

Booster: dosis penuh Sinopharm atau dosis penuh Zifivax 

Itulah jenis vaksin Booster kedua yang diselenggarakan pemerintah Indonesia.  Dengan adanya vaksinasi booster kedua ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya serangan virus yang lebih parah.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan