Kenalan Yuk dengan Macam-Macam Alat Pengukuran Panjang

Kenalan Yuk dengan Macam-Macam Alat Pengukuran Panjang

Jakarta:  Di era yang serba digital seperti saat ini, fenomena belanja online tentu sudah menjadi bagian tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia.  Namun seringkali kita ragu berbelanja online, terutama saat membeli baju hanya karena ragu ukuran pakaian yang dibeli tak sesuai dengan tubuh. 
 
Padahal persoalan ketepatan ukuran baju ini pun mudah diatasi loh, selama Sobat Medcom mengetahui ukuran tubuhnya. Mulai dari lingkar dada, pinggang, dan pinggul yang dapat diukur dengan menggunakan pita roll atau meteran yang biasa dipakai tukang jahit. 

Macam-macam Alat Pengukuran Panjang:

Apa Itu Pengukuran?

Sebelum mengetahui alat pengukuran panjang, kamu harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan pengukuran.  Dalam melakukan pengukuran, kamu akan menemukan istilah besaran dan satuan.
 
Hal ini biasa digunakan dalam mata pelajaran matematika, fisika dan sejumlah pelajaran lainnya. Pengukuran adalah suatu proses menghitung nilai besaran fisika dari suatu objek atau benda.

Perbedaan besaran dan bukan besaran

Pengukuran dilakukan dengan membandingkan nilai suatu besaran yang diukur menggunakan besaran sejenis yang ditetapkan dengan satuan alat ukur yang sesuai. Contohnya ketika kamu membandingkan panjang kedua balok dengan satuan ukur sentimeter, maka kamu baru dapat dikatakan sedang melakukan pengukuran. Nah, hasil pengukuran dinyatakan dengan nilai atau berupa angka.

Alat Ukur Panjang

Dilansir dari laman Ruangguru, untuk dapat mengetahui tinggi, panjang, lebar, atau tebal, kamu membutuhkan sebuah alat ukur panjang. Selain untuk mengetahui nilai besaran yang belum diketahui, alat ukur panjang ini berfungsi untuk membandingkan panjang suatu benda dengan benda lainnya. Ada beberapa alat ukur yang bisa kamu gunakan, seperti beberapa contoh jenis alat ukur di bawah ini.

Macam-macam Alat Ukur Panjang

Walaupun memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengukur panjang, masing-masing alat ukur memiliki batasan ukuran dan tingkat ketelitiannya sendiri.

1. Mistar atau Penggaris

Alat ukur panjang yang pertama, yaitu mistar atau penggaris. Umumnya, terbuat dari bahan plastik, kayu, mika atau besi. 





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada beberapa bentuk mistar atau penggaris, diantaranya bentuk segitiga, siku-siku, lurus, dan busur. Setiap bentuk penggaris tentunya memiliki fungsi sesuai kegunaannya. 
 
Mistar atau penggaris digunakan untuk mengukur suatu benda yang tidak kecil, tapi tidak besar juga, seperti kertas, meja, lantai, dan sebagainya. Nah, skala terkecil pada sebuah mistar atau penggaris adalah 0,1 cm atau 1,00 mm.

2. Jangka Sorong

Alat pengukuran panjang yang memiliki bentuk mirip seperti kunci inggris ini namanya jangka sorong. Jangka sorong digunakan untuk mengukur diameter luar maupun dalam sebuah benda. Selain itu, jangka sorong berfungsi untuk mengukur kedalaman suatu benda. Alat ini memiliki dua jenis skala, yaitu skala utama dan skala nonius yang dapat digeser. Skala terkecil dari jangka sorong adalah 0,01 cm atau 0,1 mm.
 
Nah, saat ini jangka sorong memiliki keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan display digital, jadi ukuran benda tersebut auto terlihat. Sedangkan untuk jangka sorong analog, kita perlu menentukan hasil pengukurannya berdasarkan skala yang ditunjukkan. 

3. Meteran atau pita ukur

Nah, pasti kamu udah nggak asing sama alat ukur panjang yang satu ini. Meteran merupakan alat ukur panjang yang bisa kamu temukan di sekitar kamu selain penggaris, selain karena bahannya yang fleksibel dan mudah dibawa kemana-mana, alat ini juga biasanya terbuat dari plat besi atau plastik tipis.
 
Meteran memiliki fungsi yang sama seperti penggaris yaitu mengukur jarak atau panjang, hanya saja meteran ini memiliki bentuk yang lebih panjang. Meteran juga biasa digunakan untuk mengukur objek yang besar seperti tanah dan bangunan.
 
Kalau kamu perhatikan, pada ujung pita terdapat pengait dan magnet yang dibuat untuk mempermudah ketika sedang melakukan pengukuran.  Meteran memiliki beberapa satuan, ada mm, cm, feet, atau inch. Panjangnya mulai dari mulai dari 3 meter, 5 meter, 10 meter, 30 meter, hingga 50 meter. 

4. Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup  merupakan alat yang digunakan untuk mengukur panjang, diameter, dan ketebalan suatu benda. Nah, alat ini lebih teliti dari jangka sorong, hal itu karena mikrometer sekrup memiliki skala terkecilnya 0,01 mm. 
 
Alat ini digunakan dalam pengukuran panjang suatu benda yang kecil, seperti mengukur panjang/ketebalan plat-plat aluminium yang tipis, ketebalan kertas, ketebalan kawat, dan lain-lain. Bagian-bagian yang ada di mikrometer sekrup yaitu poros tetap, poros geser, pengunci, timbal, rachet atau roda bergigi, dan rangka. 
 

 

(CEU)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan