Bisnis  

Jangan Sedih Kalau Jualan via Live Streaming Tiktok Belum Bisa Cuan…

Jangan Sedih Kalau Jualan via Live Streaming Tiktok Belum Bisa Cuan…

cnbc-indonesia.com – Berjualan produk lewat metode live streaming banyak digandrungi oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ). Salah satu platform media sosial yang biasa digunakan berjualan dengan live streaming yaitu Tiktok.

Ada banyak pelaku UMKM yang bisa mendulang banyak cuan lewat live streaming di Tiktok. Namun, banyak juga yang tak bisa mendulang cuan lewat live streaming.

Kegagalan mendapatkan cuan dari live streaming Tiktok adalah hal yang biasa. Incubation Lead TikTok Shop Indonesia, Vonny Ernita Susamto mengatakan, suksesnya para pelaku UMKM yang berhasil meraup cuan dari jualan via live streaming tak bisa didapatkan dalam sekejap.

“Konversi jualan produk lewat live streaming itu butuh waktu. Kita harus punya evaluasi dan banyak tantangannya,” ujar Vonny dalam temu media beberapa waktu lalu.

Vonny mengatakan, setiap pelaku UMKM harus konsisten dalam melakukan live streaming. Para pelaku UMKM tak harus memaksakan melakukan live streaming selama 24 jam.

Yang penting konsisten. Karena seller enggak selalu punya waktu. Yang penting konsisten, misalnya tiga jam ya tiga jam terus. Itu kunci utama berehasil. Engagement itu dengan komunitasnya bisa terbangun,” tambah Vonny.

Vonny mengatakan, ada beberapa hal yang mempengaruhi banyaknya penonton live streaming seperti pencahayaan, kemampuan host untuk mempresentasikan produknya.

Selain itu, pembawaan host juga bisa mempengaruhi para calon penonton untuk masuk ke live streaming.

Co-founder of H&H Skin Care, Fikri mengatakan, para pelaku UMKM jangan memaksakan untuk melakukan live streaming di Tiktok jika baru pertama kali masuk di Tiktok Shop. Apalagi, jika tak mengetahui detail terkait produk yang dijual.

“Jangan dipaksakan untuk live streaming untuk hard selling. Perlu host yang kuasai produk dan perlu interaksi dengan audiens,” kata Fikri dalam kesempatan yang sama.

Fikri mengatakan, pelaku UMKM harus konsisten mencoba live streaming di Tiktok. Selain itu, host live streaming juga harus memiliki jam terbang yang tinggi.