Jamal, Film yang Dimainkan Orang Kampung Namun Sanggup Mendun

GenPI.co Ntb – Film Jamal merupakan film pendek yang digarap sejak November 2019 dan selesai proses pengeditan pada November 2020.

Film ini disutradarai langsung oleh penulisnya yakni M Heri Fadli. Semua kru dan pemain merupakan keluarga sang Sutradara dari kampung.

Film Jamal pernah mendapatkan penghargaan utama Youki Awards dan mendapat nominasi beberapa penghargaan di Eropa dan Amerika.

BACA JUGA:  Kagum dengan Balapan Sampan, Gubernur NTB Jadikan Event Tahunan

Selama pembuatan film, Heri mengaku hanya terkendala biaya produksi dan belum ada industri perfilman yang mumpuni di Lombok.

Meski begitu, pria 26 tahun itu tetap semangat menggarap film Jamal dan berhasil tampil di sebuah festival. Namun, karena Covid-19 sehingga ditampilkan secara virtual saat itu.

BACA JUGA:  Respons Kebijakan Pusat, Ini Peta Pegawai Non-ASN di Mataram

“Film Jamal mampu menyita perhatian dan tampil sebagai film pembuka di tiga festival film pendek terbesar di dunia,” katanya kepada GenPi.co NTB Minggu (3/7).

Sang penulis mengaku terinspirasi membuat film Jamal tidak terlepas dari kisah atau kehidupan masyarakat Lombok sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau tenaga kerja Indonesia (TKI).

BACA JUGA:  IJU Kritik Pemprov NTB yang Bermain Abu-abu di MXGP Samota

Film ini disajikan dengan satu frame menggunakan konsep wayang dan lokasi syutingnya di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari ntb.genpi.co.

Tinggalkan Balasan