Iran tunjuk dubes untuk Arab Saudi setelah kosong tujuh tahun

Iran tunjuk dubes untuk Arab Saudi setelah kosong tujuh tahun

cnbc-indonesia.com – Iran menunjuk Alireza Enayati sebagai duta besar baru untuk Arab Saudi setelah kedua negara sepakat menormalisasi hubungan diplomatik dua bulan lalu, kata sejumlah laporan media lokal.

Enayati menjadi duta besar pertama Iran untuk Arab Saudi setelah hampir tujuhtahun hubungan diplomatik kedua negara terputus.

Enayati menjabat asisten menteri luar negeri dan direktur jenderal untuk Teluk Arab pada kementerian luar negeri, lapor Iran International pada Senin waktu setempat.

Pada 10 Maret, Riyadh dan Teheran menyatakan telah membuka ke bali hubungan diplomatik dan kedutaan besarnya masing-masing dalam kesepakatan yang ditengahi China.

Pada bulan lalu, Saudi dan Iran saling melakukan kunjungan resmi untuk membahas dan mengatur pembukaan kembali kedutaan dan konsulat mereka setelah ditutup tujuh tahun.

Iran dan Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik pada Januari 2016 setelah Kedutaan Besar Saudi di Teheran diserang sekelompok orang akibat eksekusi mati ulama Syiah Sheikh Nimr Baqir al-Nimr oleh Saudi.

Sumber: Anadolu