iOS 17 Bakal Bawa Fitur yang Banyak Ditunggu Pengguna iPhone?

iOS 17 Bakal Bawa Fitur yang Banyak Ditunggu Pengguna iPhone?

cnbc-indonesia.com – Apple dilaporkan tengah mempersiapkan sistem operasi teranyarnya untuk pengguna iPhone , yakni iOS 17.

Mulanya, iOS 17 diyakini hanya akan membawa sejumlah perbaikan bug dan tak banyak membawa peningkatan fitur. Namun, laporan terbaru berkata hal berbeda.

Kabarnya, Apple akan menghadirkan beberapa fitur yang menarik dan banyak diminta pengguna iPhone di iOS 17. Informasi tersebut diumbar oleh jurnalis teknologi Bloomberg bernama Mark Gurman.

Dalam kicauannya di Twitter dengan handles @markgurman, Senin (27/3/2023), iOS 17 yang memiliki kode nama “Dawn” bakal datang dengan sejumlah fitur menarik dan banyak dinantikan pengguna iPhone.

“Peluncuran dari iOS 17 diprediksi akan membawa sejumlah fitur yang ‘menarik untuk dimiliki’,” tulis Gurman dalam twitnya.

“Tujuan software dengan kode nama “Dawn” itu adalah untuk menawarkan beberapa fitur yang paling banyak diminta pengguna iPhone,” imbuhnya.

Namun, Gurman belum mengumbar fitur apa saja yang kemungkinan akan hadir di iOS 17.

Jika merujuk pada laporan TechCrunch, seperti yang dikutip KompasTekno, Kamis (30/3/2023), ada kemungkinan bahwa Apple akan mengizinkan penggunanya mengunduh aplikasi secara sideloading di iOS 17.

Sideloading merupakan praktik yang mengizinkan pengguna mengunduh (download) sebuah aplikasi menggunakan toko aplikasi pihak ketiga, di luar toko aplikasi resmi bawaan ponsel, seperti Apple App Store ataupun Google Play Store.

Sebab, merujuk pada laporan Bloomberg di Desember 2022 lalu, Apple dilaporkan tengah menyiapkan pemberian izin untuk pengunduhan aplikasi di luar App Store untuk iPhone dan iPad. Hal itu dilakukan untuk mematuhi persyaratan Uni Eropa yang bakal diberlakukan pada 2024 mendatang.

Seperti yang diketahui, pada 2022 lalu, Uni Eropa mengeluarkan undang-undang untuk mendesak Apple mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga di iPhone. Kebijakan tersebut salah satunya ditujukan untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan daya saing yang sehat antar-developer.

Ubah strategi

Seperti disebutkan di awal, iOS 17 sebelumnya dilaporkan tidak akan dibekali fitur-fitur baru.

“Saat Apple mengungkapkan akan mengembangkan iOS 17, dugaan awalnya adalah berfokus pada perbaikan bug dan meningkatkan kinerja (perangkat) ketimbang menambah fitur baru,” tulis Gurman.

Hal ini dikarenakan Apple khawatir tentang masalah tenggat waktu (deadline) saat ingin meluncurkan iOS 17. Oleh karena itu, ambisi perusahaan saat itu hanya sebatas memperbaiki bug dan kinerja sistem.

“Harapannya untuk menghindari permasalahan seperti di iOS 16 sebelumnya, yang (saat itu Apple) berambisi menghadirkan fitur baru, tetapi melewati deadline dan memunculkan sejumlah masalah,” ungkap Gurman.

iOS 17 kemungkinan akan diumumkan Apple bulan Juni mendatang dalam acara kumpul developer (pengembang) Apple World Wide Developer Conference (WWDC) 2023.

Dalam pengumuman di blog resminya, WWDC 2023 akan digelar selama empat hari, mulai 5—9 Juni 2023. Acara tersebut digelar secara daring (online) dan sebagian di antaranya diselenggarakan secara luring (offline).

Selain iOS, Apple juga berencana mengumumkan sejumlah produk lain.

“Untuk seluruh pengembang, WWDC 2023 akan menyoroti iOS, iPadOS, watchOS, dan tvOS yang terbaru,” tulis pengumuman Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.