Xi Jinping Pimpin Pertemuan Konsultatif Komite Sentral CPC di Beijing, China Dorong Modernisasi Baru

Xi Jinping Pimpin Pertemuan Konsultatif Komite Sentral CPC di Beijing, China Dorong Modernisasi Baru

cnbc-indonesia.com – Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) pada Selasa (28/2) mengadakan pertemuan konsultatif di Zhongnanhai, Beijing, dengan komite sentral dari partai-partai politik lainnya, Federasi Industri dan Perdagangan Seluruh China (All-China Federation of Industry and Commerce/ACFIC), serta tokoh-tokoh tanpa afiliasi partai, yang menerima penjelasan mengenai rencana reformasi Partai dan lembaga negara, daftar kandidat yang diusulkan untuk posisi utama di sejumlah lembaga negara yang akan direkomendasikan pada sesi pertama Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC) ke-14, serta daftar kandidat yang diusulkan untuk kepemimpinan Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (Chinese People’s Political Consultative Conference/CPPCC) yang akan direkomendasikan pada sesi pertama Komite Nasional CPPCC ke-14.

Pertemuan tersebut juga diadakan untuk mendengar pendapat mereka mengenai isu-isu yang disebutkan di atas.

Presiden China Xi Jinping, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral CPC sekaligus Ketua Komisi Militer Sentral China, memimpin pertemuan tersebut dan menyampaikan pidato penting.

Li Qiang, Zhao Leji, Wang Huning, Cai Qi, Ding Xuexiang, dan Li Xi, yang semuanya merupakan anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral CPC, turut menghadiri pertemuan tersebut.

Dalam pidatonya, Xi Jinping mengatakan bahwa sejumlah pengaturan penting dibuat pada Kongres Nasional CPC ke-20 untuk memperdalam reformasi Partai dan lembaga negara.

Pengaturan itu mencakup persyaratan spesifik untuk memperdalam reformasi sistem keuangan, menyempurnakan sistem di mana Komite Sentral Partai menjalankan kepemimpinan terpadu atas pekerjaan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, mengoptimalkan sistem tanggung jawab pemerintah dan struktur organisasi, menyempurnakan lembaga koordinasi untuk pengambilan keputusan Komite Sentral Partai dan pembahasan urusan-urusan negara, serta mengoptimalkan alokasi sumber daya kepegawaian untuk Partai dan lembaga negara.

Berbagai upaya telah ditentukan untuk membangun Partai guna memandu tata kelola pemerintahan di tingkat komunitas, untuk meningkatkan pembangunan Partai di perusahaan-perusahaan dengan kepemilikan campuran dan perusahaan non publik, serta untuk meningkatkan sistem manajemen bagi pembangunan Partai dalam asosiasi perdagangan, perhimpunan akademisi, dan kamar dagang, dan lain sebagainya.

Untuk mengimplementasikan persyaratan ini yang dibuat pada Kongres Nasional CPC ke-20, Komite Sentral CPC telah merumuskan draft rencana reformasi Partai dan lembaga negara berdasarkan studi dan analisis mendalam serta penggalangan pendapat yang luas.

Setelah ditinjau dan diadopsi pada sesi pleno kedua Komite Sentral CPC ke-20, sebagian dari rencana reformasi itu akan diserahkan pada sesi pertama NPC ke-14 untuk dibahas sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

Secara umum, reformasi Partai dan lembaga negara kali ini, dengan menyoroti sejumlah industri dan bidang utama, lebih tertarget dan intensif, mencakup banyak bidang dan melibatkan berbagai kepentingan.

Rencana reformasi ini berfokus pada penyelesaian isu-isu menantang yang sangat signifikan serta menjadi perhatian besar masyarakat, yang akan berdampak penting pada pembangunan ekonomi dan sosial.

Xi menekankan bahwa sesi pertama NPC ke-14 dan sesi pertama Komite Nasional CPPCC ke-14 akan segera digelar. Pemilihan para pejabat utama baru di lembaga negara dan kepemimpinan baru Komite Nasional CPPCC menjadi tugas penting dari dua sesi tersebut tahun ini. Ini juga merupakan isu penting yang menyangkut situasi keseluruhan.

Komite Sentral CPC sangat memandang penting pengaturan personel NPC dan Komite Nasional CPPCC, dan telah membuat pengaturan, membahasnya dalam ruang lingkup tertentu, serta meminta pendapat.

Dalam pembahasan itu, disepakati bahwa dalam memutuskan kandidat untuk kepemimpinan baru lembaga-lembaga negara dan Komite Nasional CPPCC, kita harus sepenuhnya menerapkan Pemikiran tentang Sosialisme dengan Karakteristik China untuk Era Baru; sepenuhnya memahami pentingnya menetapkan posisi inti Kamerad Xi Jinping di Komite Sentral Partai dan di Partai secara keseluruhan serta menetapkan peran Pemikiran Xi Jinping tentang Sosialisme dengan Karakteristik China untuk Era Baru sebagai pemandu; memperkuat kesadaran akan perlunya menjaga integritas politik, berpikir dalam gambaran besar, mengikuti inti kepemimpinan, dan tetap sejalan dengan kepemimpinan pusat Partai; tetap percaya diri pada jalur, teori, sistem, dan budaya sosialisme dengan karakteristik China; dan menjunjung tinggi posisi inti Sekjen Xi Jinping di Komite Sentral CPC dan Partai secara keseluruhan, serta menegakkan otoritas Komite Sentral dan kepemimpinannya yang terpusat dan terpadu.

Kita harus tetap teguh berada pada jalur kemajuan politik sosialis dengan karakteristik China, menjunjung tinggi persatuan antara kepemimpinan Partai, pengelolaan negara oleh rakyat dan tata kelola pemerintahan berbasis hukum, memperkuat kerja NPC dan Komite Nasional CPPCC, serta menyatukan kekuatan dari semua sektor.

Kita harus berpegang pada prinsip Partai yang mengelola dan mengawasi para pejabat, memilih para pejabat atas dasar integritas dan kemampuan, dengan memberikan lebih banyak pertimbangan pada integritas, dan atas dasar kelayakan terlepas dari latar belakangnya, menerapkan kriteria untuk menilai pejabat yang kompeten di era baru dan persyaratan untuk bersikap setia, jujur, dan bertanggung jawab, serta menerapkan standar tinggi untuk komitmen politik, integritas, dan citra bagi para kandidat.

Atas dasar mendengarkan pendapat sepenuhnya, Biro Politik Komite Sentral CPC secara komprehensif mempertimbangkan kualifikasi kandidat, berbagai persyaratan struktural dan kebutuhan pekerjaan sebelum mengajukan daftar kandidat yang diusulkan, yang diserahkan pada sesi pleno kedua Komite Sentral CPC ke-20 untuk dibahas, kata Xi.

Xi menyampaikan bahwa dirinya berharap partai-partai politik lainnya, ACFIC, dan para tokoh tanpa afiliasi partai akan benar-benar memahami signifikansi reformasi Partai dan lembaga negara, menyelaraskan pikiran dan tindakan mereka dengan rencana reformasi tersebut, dan dengan penuh semangat mendukung reformasi itu, guna memastikan kelancaran penyelesaian tugas-tugas sesi NPC dan Komite Nasional CPPCC, serta menjadikan kedua sesi tersebut demokratis, terpadu, kohesif, dan diliputi atmosfer integritas.

Xi berharap komite sentral dari partai-partai politik lainnya, ACFIC, dan para tokoh tanpa afiliasi partai dapat memiliki pemahaman yang jelas perihal situasi itu dan menunjukkan rasa percaya diri, persatuan, dan memimpin para anggota dan kontak mereka di kalangan masyarakat umum agar mengikuti dengan saksama, baik dalam pemikiran maupun tindakan, keputusan dan pengaturan Komite Sentral CPC, secara aktif memberikan nasihat dan saran, mengonsolidasikan konsensus yang luas, menghilangkan keraguan secara efektif, serta mendidik dan memandu mereka lewat cara yang tertarget, guna mengumpulkan kekuatan mereka dan berupaya bersama-sama untuk mencapai tujuan dan menunaikan tugas yang diberikan di sepanjang tahun ini.

Pihak-pihak yang berpidato mencakup Ketua Komite Sentral Komite Revolusioner Kuomintang China Zheng Jianbang, Ketua Komite Sentral Liga Demokratis China Ding Zhongli, Ketua Komite Sentral Asosiasi Pembangunan Demokratis Nasional China Hao Mingjin, Ketua Komite Sentral Asosiasi China untuk Mempromosikan Demokrasi Cai Dafeng, Ketua Komite Sentral Partai Demokratis Petani dan Buruh China He Wei, Ketua Komite Sentral Partai Zhi Gong China Jiang Zuojun, Ketua Komite Sentral Masyarakat Jiusan Wu Weihua, Ketua Komite Sentral Liga Pemerintahan Mandiri Demokratis Taiwan Su Hui, Ketua ACFIC Gao Yunlong, dan Li Wei, perwakilan para tokoh tanpa afiliasi partai.

Mereka meyakini bahwa rencana reformasi Partai dan lembaga negara, dan daftar kandidat yang diusulkan untuk posisi-posisi utama di lembaga negara dan kepemimpinan Komite Nasional CPPCC dihasilkan berdasarkan konsultasi dan musyawarah yang ekstensif, yang mencerminkan prinsip-prinsip panduan Kongres Nasional CPC ke-20 dan membawa kemajuan bagi perjuangan Partai dan negara dalam mengarungi perjalanan baru di era baru.

Mereka menyatakan dukungan yang kuat atas rencana reformasi dan daftar kandidat yang diusulkan tersebut, dan mengajukan nasihat serta saran mereka mengenai reformasi lebih lanjut Partai dan lembaga negara, serta upaya untuk mendukung penguatan peningkatan diri partai-partai non-CPC. Wang Chen, Shi Taifeng, Li Ganjie, He Lifeng, Zhang Qingli, dan Chen Xi, bersama dengan para pejabat yang bertanggung jawab atas departemen-departemen pusat yang terkait, turut menghadiri pertemuan itu. Para anggota non-CPC termasuk Chen Zhu, Wan Gang, Chen Xiaoguang, Gu Shengzu, Liu Xincheng, Shao Hong, He Baoxiang, Wang Guangqian, Qin Boyong, Zhu Yongxin, Yang Zhen, Zhang Endi, Li Yuefeng, dan Zhou Zhonghe juga menghadiri pertemuan itu. [Xinhua].***

error: Content is protected !!