cnbc-indonesia.com – Dalam beberapa hari mendatang, Raja Charles III akan bersafari ke Inggris raya sebagai kepala negara yang baru.

Charles III akan berkunjung ke Ibu Kota Skotlandia, Edinburgh, Ibu Kota Irlandia Utara, Belfast, dan Ibu Kota Wales, Cardiff.

Selain Raja Charles III, kepala pemerintahan Inggris, Perdana Menteri Liz Truss , juga akan melakukan hal yang sama, sebagaimana dilansir BBC, Minggu (11/9/2022).

Baik Raja Charles III dan Truss masing-masing akan memperkenalkan diri ke publik dalam peran baru mereka, pada saat yang sama.

Sumber mengatakan kepada BBC bahwa Truss akan menghadiri kebaktian gereja di setiap kota.

Di sisi lain, banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari di Inggris yang akan berubah dengan naik takhtanya Charles III ke singgasana raja.

Dari lagu kebangsaan, uang kertas dan koin, hingga perangko dan paspor, akan berubah menyesuaikan kepala negara baru Kerajaan Inggris.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Raja Charles III kini memimpin Kerajaan Inggris setelah Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis (8/9/2022).

Selain menjadi kepala negara Inggris, Raja Charles III juga menjadi kepala negara di 14 negara lain.

Selama berabad-abad, peran konstitusional raja berkembang dari menandatangani surat resmi, menjadi tuan rumah kunjungan kenegaraan, membuka parlemen, hingga menyerahkan penghargaan.

Pada Minggu, Selandia Baru dan Australia resmi menyatakan Raja Charles III sebagai kepala negara.