cnbc-indonesia.com – Para pelayat yang hendak memberikan barang untuk menghormati Ratu Elizabeth II di Green Park, London, diimbau untuk hanya meninggalkan bunga yang belum dibungkus.

Imbauan tersebut disampaikan The Royal Parks, sebagaimana dilansir , Minggu (11/9/2022).

Royal Parks meminta para pelayat untuk tidak meninggalkan boneka beruang, balon, atau lilin yang menyala.

“Demi sustainabilitas, kami meminta pengunjung untuk hanya meletakkan bahan organik atau kompos,” kata badan amal itu di situs webnya.

Imbauan itu dikeluarkan setelah muncul video yang beredar di internet yang menunjukkan beberapa orang melepas bungkus plastik dari bunga yang ditinggalkan oleh orang lain.

The Royal Parks menuturkan, menghilangkan kemasan plastik membuat bunga bertahan lebih lama dan lebih mudah menjadi kompos.

Sejak kematian Ratu Elizabeth II diumumkan pada Kamis (8/9/2022), ribuan orang berbondong-bondong ke Istana Buckingham, Kastil Windsor, dan Balmoral untuk memberikan penghormatan.

Mereka meninggalkan penghormatan seperti boneka beruang, mainan, balon, dan sandwich.

Manajer salah satu toko suvenir di dekat Istana Buckingham mengatakan, jumlah konsumen yang membeli barang berlipat ganda setelah wafatnya sang ratu.

Manajer Cool Britannia Ismial Ibrahim menjelaskan, pemasok sampai bekerja lembur dan banyak orang datang ke toko setiap hari.

“Sejak malam itu, kami memiliki arus orang yang sangat banyak. Sejak itu orang-orang mulai bertanya tentang apa pun yang berkaitan dengan Ratu,” ucap Ibrahim.


The Royal Parks mengatakan, kartu dan label masih diizinkan, dan nantinya akan dipisahkan dari bunga dan disimpan.

“Sayangnya, tidak ada hadiah dan artefak yang akan diterima, dan masyarakat akan diminta untuk tidak membawanya ke taman. Benda atau artefak nonbunga seperti boneka beruang atau balon tidak boleh dibawa,” ujar The Royal Parks.

Barang-barang tersebut tetap berada di taman sampai semua kegiatan upacara selesai. Kemudian dipindahkan dari area taman dari tujuh hingga 14 hari setelah tanggal pemakaman.

Bunga yang layu akan dibuang seluruhnya dan dibawa ke pembibitan Hyde Park untuk diolah menjadi kompos.