Ada Wanita Simpanan di Antara Para Tersangka Mutilasi Abby Choi

cnbc-indonesia.com – Polisi Hong Kong meyakini telah menahan semua tersangka yang diduga terlibat dalam pembunuhan dan mutilasi seorang model bernama Abby Choi , yang potongan tubuhnya ditemukan di dalam panci sup. Salah satu yang ditahan merupakan seorang wanita paruh baya yang diduga menjadi wanita simpanan.

Seperti dilansir The Star, Selasa (28/2/2023), potongan-potongan tubuh yang diduga berasal dari Choi ditemukan di dalam rumah sewaan di area pedesaan Tai Po, pinggiran Hong Kong. Bagian kepalanya yang hancur telah dimasak di dalam panci sup berukuran besar, beberapa potongan tubuh lainnya ditemukan di lemari es.

Empat tersangka telah ditahan dan didakwa terkait mutilasi Choi. Mereka terdiri atas mantan suami Choi, mantan ayah dan ibu mertua Choi, juga mantan kakak ipar Choi. Mantan suami, mantan ayah mertua dan mantan kakak ipar Choi didakwa atas pembunuhan, sedangkan mantan ibu mertua Choi didakwa menyesatkan peradilan.

Selain keempat tersangka itu, Kepolisian Hong Kong juga menahan seorang wanita berusia 47 tahun yang diduga merupakan wanita simpanan dari mantan ayah mertua Choi. Pihak kepolisian tengah menyelidiki lebih lanjut apakah wanita paruh baya itu mengetahui tindak pembunuhan dan mutilasi tersebut.

Choi dilaporkan diserang di dalam mobil hingga tidak sadarkan diri, sebelum dibawa ke sebuah rumah yang ada di pedesaan Tai Po itu. Waktu pasti kematian Choi masih diselidiki. Para tersangka dilaporkan tidak kooperatif sehingga menghambat penyelidikan kepolisian.

Berikut data-data yang diketahui soal lima orang yang ditangkap terkait mutilasi Choi:

1. Kwong Kau (65) — mantan ayah mertua Choi

Kwong Kau dilaporkan merencanakan pembunuhan keji itu dan menyewa rumah di pedesaan Tai Po pada Februari ini. Kwong Kau merupakan mantan sersan polisi yang pernah menerima Medali Pengabdian Panjang Kepolisian Hong Kong tahun 2001 lalu.

Dia mengundurkan diri dari kepolisian pada tahun 2005 setelah diduga terlibat dalam kasus pemerkosaan.

Kwong Kau dilaporkan tidak senang dengan cara Choi menangani sebuah properti mewah yang dibeli atas nama sang mantan ayah mertua. Kepolisian setempat meyakini Kwong Kau sebagai dalang utama di balik pembunuhan dan mutilasi Choi.

Penyelidikan awal menunjukkan bahwa Choi baru-baru ini berencana menjual sebuah properti mewah di Kadoorie Hill, yang ada di daerah perumahan kelas atas Ho Man Tin, yang dibeli oleh dirinya dengan nama mantan ayah mertuanya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Choi, menurut kepolisian, juga berjanji untuk memindahkan sang mantan suami beserta keluarganya ke tempat tinggal lainnya. Hal itu ditentang oleh sang mantan ayah mertua dan perdebatan sengit pun terjadi antara Choi dengan mantan ayah mertuanya.

Pembunuhan Choi diyakini dilakukan karena adanya perselisihan terkait properti mewah yang dilaporkan bernilai puluhan juta dolar Hong Kong tersebut.

2. Alex Kwong (28) — mantan suami Choi

Disebut sebagai seorang pengangguran oleh media lokal, Alex Kwong dilaporkan telah diburu oleh kepolisian selama bertahun-tahun karena melanggar pembebasan bersyarat dalam kasus penipuan.

Dia mengaku berkecimpung dalam bisnis investasi emas dan dilaporkan beberapa kali menipu korban-korbannya hingga mengalami kerugian sebesar HK$ 5 juta pada tahun 2014-2015. Kwong juga pernah digugat secara hukum terkait utang sebesar lebih dari HK$ 1,6 juta.

Kwong dan Choi memiliki dua anak bersama, yakni satu anak laki-laki dan satu anak perempuan. Usia kedua anak itu tidak diketahui secara jelas.

Kepolisian Hong Kong menangkap Kwong pada Sabtu (25/2) lalu di dermaga Tung Chung yang ada di pulau Lantau. Kwong ditangkap saat hendak kabur dari Hong Kong menggunakan speedboat. Saat ditangkap polisi, Kwong kedapatan membawa uang tunai sebesar HK$ 500.000 dan beberapa jam tangan mewah senilai HK$ 4 juta.

3. Anthony Kwong (31) — mantan kakak ipar Choi

Anthony merupakan mantan mitra bisnis Choi, dan bekerja sebagai sopir pribadi Choi meskipun Choi dan Kwong bercerai. Anthony dan Choi juga menjabat sebagai direktur perusahaan yang memiliki Bear Bear Snack, kedai pancake yang dilaporkan berulang kali terlibat pertikaian kontrak senilai HK$ 130.000.

Anthony juga digugat oleh bank terkait utang yang belum dibayar tahun 2019.

Meski Choi telah bercerai dengan Kwong, dirinya masih menjalin hubungan yang akrab dengan Anthony yang merupakan mantan kakak iparnya itu. Anthony diketahui menyebut hubungannya dengan Choi bagaikan saudara dan kerap membagikan foto saat keduanya melakukan beberapa hal bersama.

Sebelum Choi dilaporkan hilang, Anthony berkendara ke rumahnya di Kadoorie Hill untuk menemukan mantan adik iparnya itu. Keduanya lalu berangkat bersama untuk menjemput anak perempuan Choi. Namun Choi kemudian diketahui tidak menjemput anak perempuannya dan menghilang tanpa jejak.

4. Jenny Li (63) — mantan ibu mertua Choi

Li merupakan seorang pensiunan yang beberapa kali melaporkan kebangkrutan tahun 2017. Hanya sedikit informasi yang diketahui soal Li, juga soal keterlibatannya dalam kasus pembunuhan Choi.

Laporan media lokal menyebut Li tidak terlibat langsung dalam pembunuhan. Namun dia disebut mengetahui adanya rencana untuk membunuh Choi. Kepolisian menjeratkan dakwaan menghalangi penyelidikan terhadap Li.

5. Ng ‘Yung Yung’ (47) — diduga wanita simpanan mantan ayah mertua Choi

Nama lengkap Ng belum diungkap ke publik oleh Kepolisian Hong Kong. Namun dilaporkan dia memiliki nama panggilan Yung Yung.

Ng disebut bekerja sebagai tukang pijat di sebuah panti pijat yang ada di distrik Prince Edward. Sejumlah laporan media menyebut Ng menjalin hubungan dengan Kwong Kau, mantan ayah mertua Choi, selama enam bulan.

Saat kasus mutilasi Choi mencuat, Ng diketahui tidak masuk kerja selama beberapa hari.

Kepolisian Hong Kong menemukan Ng di jalanan Tsim Sha Tsui dan langsung menangkapnya pada Minggu (26/2). Dia membantu kepolisian dalam penyelidikan karena dia diduga membantu menyewa sebuah rumah di pedesaan Tai Po, yang menjadi lokasi potongan tubuh Choi ditemukan.

Ng juga diduga membantu dalam menyewa sebuah apartemen mewah pada pertengahan Februari di Arch Sky Tower, West Kowloon, seharga HK$ 40.000 per bulannya. Apartemen ini diyakini digunakan untuk menyembunyikan mantan suami Choi, yang mengetahui perselingkuhan ayahnya.

Usai ditangkap, Ng dibawa oleh polisi ke rumahnya di Foo Tak Building di Hennessy Road, Causeway Bay, untuk menjalani penggeledahan.

error: Content is protected !!