66 Narapidana Tewas dalam Penjara Overload di Kongo

66 Narapidana Tewas dalam Penjara Overload di Kongo

cnbc-indonesia.com – Sebanyak 66 narapidana tewas dalam penjara Makala Kinshasa di ibu kota Republik Demokratik Kongo sejak awal 2023. Beberapa meninggal lemas karena penjara penuh sesak.

Dilansir AFP, Senin (27/2/2023), Kepala Badan Hak-hak Narapidana Kongo, Emmanuel Cole melihat sendiri 2 napi tewas di penjara Makala Kinshasa pada Minggu (26/2).

“Saya sendiri melihat tubuh mereka,” kata Cole.

Dia menambahkan organisasinya mencatat total 35 kematian pada bulan Februari saja. Sedangkan di bulan Januari tercatat 31 narapidana tewas.

Penyebab kematian antara lain gizi buruk, perawatan kesehatan, dan dalam beberapa kasus, napi mati lemas di dalam sel yang padat.

Penjara Makala Kinshasa memiliki kapasitas sekitar 1.500 tahanan tetapi saat ini menampung sekitar 11.000 narapidana. Sekitar 7.000 narapidana berada dalam penahanan pra-sidang. Kelompok hak asasi manusia kerap mengkritik kondisi mengerikan di penjara tersebut.

Diketahui, Republik Demokratik Kongo merupakan salah satu negara termiskin di dunia, meskipun memiliki cadangan mineral yang melimpah seperti tembaga, kobalt, dan timah.

error: Content is protected !!