cnbc-indonesia.com – 70 tahun pemerintahan mendiang Ratu Elizabeth II ada banyak inovasi dan perkembangan teknologi terjadi sepanjang hidupnya.

Perkembangan teknologi sudah dimulai setelah Ratu Elizabeth II naik takhta usai kematian ayahnya George VI pada Februari 1952.

Penobatan Ratu Elizabeth II dilakukan pada Juni 1953 dan disiarkan hampir secara keseluruhan di televisi daripada radio, meskipun gambar-gambar pada saat itu berwarna hitam dan putih.

Selama masa pemerintahannya yang panjang, metode komunikasi berubah secara dramatis, dari penggunaan telegram hingga munculnya Internet dan kebangkitan media sosial .

Meski demikian, penemuan-penemuan tersebut bukan satu-satunya hal yang besar.

Dilansir Pikiran-rakyat.com dari Euro News, berikut beberapa perkembangan teknologi di masa pemerintahan Ratu Elizabeth II .

1. Bom H (1952)

Pada 1 November 1952, Amerika Serikat menguji bom hidrogen pertama di dunia, atau bom-H, di Kepulauan Marshall Pasifik. Kemudian, Uni Soviet menyusul pada tahun 1958.

Meskipun belum digunakan dalam konflik, namun Bom H merupakan ancaman bagi dunia nyata selama perang dingin.

2. Perlombaan Luar Angkasa (1955)

Eskalasi Perang Dingin juga memajukan perlombaan ke luar angkasa, atau Perlombaan Luar Angkasa, seperti yang secara resmi dikenal dan dimulai pada tahun 1955.

Ratu bertemu Armstrong dan astronot Apollo 11 lainnya Buzz Aldrin dan Michael Collins sekembalinya mereka ketika mereka mengunjungi Istana Buckingham.

3. Vaksin polio Salk dan vaksin Covid-19 (1955)

Pada tahun 1953, Dr Jonas Salk mengumumkan di sebuah acara radio nasional bahwa ia berhasil menguji vaksin terhadap poliomielitis, virus yang menyebabkan penyakit polio yang melumpuhkan kehidupan.

Vaksin itu disambut dengan kekhawatiran, namun pada tahun 1957, Ratu mengumumkan bahwa kedua anaknya Pangeran Charles dan Putri Anne mengalami polio ketika mereka masih anak-anak dan paling berisiko tertular penyakit.

4. Internet (1969)

ARPAnet, pendahulu dan fondasi teknis Internet, lahir pada November 1969. Pada tahun 1976, Elizabeth II mengirim email pertamanya menggunakan mesin militer yang terhubung ke ARPAnet.

Kelahiran resmi Internet dipertimbangkan pada tahun 1983 dengan protokol komunikasi TCP/IP.

Kemudian, World Wide Web (WWW) dibuat (1989) oleh ilmuwan Inggris Tim Berners-Lee dan tersedia untuk umum pada tahun 1993.

5. Permainan: Dari Pong ke Metaverse (1972)

Pada November 1972, video game Pong dirilis oleh perusahaan Amerika Atari.

Sejak itu, game telah berkembang untuk memasukkan Playstation, Xbox, dan Nintendo Wii yang lebih canggih.

Kemudian era permainan kembali berkembang dengan metaverse, dimana pemainnya bisa merasakan seperti berada didalam game tersebut.***