Ini Dia 4 Penyakit Hewan Peliharaan yang Tidak Menular ke Manusia

Jakarta: Layaknya anak yang sedang terkena penyakit flu, mendapatkan hewan peliharaan sakit pun bisa membuat kita khawatir. Atau kala si kecil sakit, kamu takut akan menulari anabul kamu di rumah. 

Prinsipnya, ini tergantung pada apa yang menyebabkan penyakit dalam kedua kasus, dan kesehatan umum seseorang. tetapi sebagian besar penyakit umum yang memengaruhi manusia tidak memengaruhi hewan peliharaan dengan cara yang sama. Begitu juga sebaliknya.

Perlu kamu ketahui, virus yang menyebabkan penyakit seperti batuk, pilek, dan flu pada hewan berbeda dengan virus yang menyebabkan penyakit ini pada manusia, dan mereka tidak menyebar bolak-balik antara manusia dan hewan. 

Dilansir dari Verywellhealth, beberapa penyakit yang menyerang hewan peliharaan yang tidak menyerang manusia antara lain sebagai berikut. 

 

1. Pilek dan ISPA 

Ada beberapa virus yang dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan atas pada kucing dan anjing. Tak satu pun dari ini ditularkan ke manusia tetapi bisa sangat menular ke anjing atau kucing lain. 

Tentu saja, ada ratusan virus yang menyebabkan pilek pada manusia, tetapi biasanya tidak dapat menular ke hewan peliharaan. Anjing umumnya tidak akan terkena virus flu manusia, tetapi beberapa ahli berpikir bahwa kucing mungkin jarang terkena beberapa jenis flu manusia.

Ini Dia 4 Penyakit Hewan Peliharaan yang Tidak Menular ke Manusia

(Virus ini sangat mudah menular. Namun, parvovirus yang ada pada hewan tidak akan menular dan menyebabkan penyakit pada manusia. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

 

2. Virus parvo pada anjing 

Virus ini menyebabkan muntah dan diare, di antara gejala lainnya, pada anjing. Dan bisa sangat serius atau bahkan fatal. Ada penyakit yang dikenal sebagai parvovirus B19, atau penyakit kelima, yang dapat membuat orang (biasanya anak-anak) sakit, tetapi itu adalah virus yang sama sekali berbeda. Gejala penyakit kelima termasuk ruam, demam ringan dan kadang-kadang seperti gejala pilek.
 

3. Canine bordatellosis (batuk kennel) 

Batuk kronis dan sering parah ini dapat menyebabkan komplikasi pernapasan yang serius bagi anjing dan sangat menular di antara anjing. Ini umumnya tidak memengaruhi manusia, tetapi mereka yang memiliki penyakit pernapasan atau gangguan kekebalan mungkin terinfeksi Ini disebabkan oleh berbagai bakteri dan virus yang bekerja secara berurutan atau bersama-sama. 
 

4. Cacing hati 

Ini adalah cacing parasit yang disebarkan oleh gigitan nyamuk, yang merupakan inang untuk satu tahap perkembangan cacing. Jika tidak diobati, cacing hati akan berakibat fatal bagi anjing atau kucing, tetapi mereka tidak ditularkan ke manusia oleh hewan peliharaan.

Hewan peliharaan adalah sahabat yang baik, tetapi penting untuk menjaga mereka tetap sehat. Pastikan mereka dirawat dengan baik. Bila khawatir tentang virus kecil, seperti pilek, yang ditularkan antara keluarga dan hewan peliharaan, jangan khawatir. 

Tetapi bila kamu tetap takut kalau hewan peliharaan memiliki sesuatu yang lebih serius yang dapat ditularkan, segera hubungi dokter hewan.

(TIN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan