Industri Blockchain Berkembang di Sektor Gaming

Industri Blockchain Berkembang di Sektor Gaming

Jakarta: Masa depan teknologi blockchain semakin besar ditengah revolusi industri 4.0. Banyak pelaku industri seperti industri keuangan dan gaming yang menggunakan teknologi blockchain. Teknologi ini digunakan untuk mempermudah layanan data agar semakin aman.
 
Bendahara umum (Indonesia Esports Association) IESPA Rafif Rizqullah mengatakan cerahya masa depan industri blockchain dan cryptocurrency di tengah masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini.
 

Blockchain dan kripto terus berkembang dalam kehidupan sehari-hari yang hingga saat ini secara  nyata sudah terlihat dari pengimplementasian-nya pada sektor gaming dan keuangan di  Indonesia,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 28 Juli 2022.
 
Rafif juga melihat kedua industri tersebut merupakan  dua sektor industri dengan pertumbuhan terpesat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Saat pandemi covid-19, industri gaming berkembang pesat karena menjadi salah satu alternatif hiburan masyarakat.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saat pandemi covid-19 dan bersamaan dengan berkembang pesatnya industri gaming, masyarakat yang lebih sering melakukan  kegiatan di rumah masing-masing,” jelas dia.
 
Rafif menggandeng Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga sebagai Bapak Tokoh Perkembangan Blockchain dan Crypto di Indonesia untuk dapat terus menstimulasi dan mengakselerasi pengaplikasian teknologi blockchain dan kripto dalam kerangka pengembangan Web 3.0 dalam kehidupan sehari-hari di industri lainnya.
 
Jerry Sambuaga memastikan pemerintah akan terus mengawal  perkembangan ini dengan peningkatan koordinasi kelembagaan demi terciptanya industri yang sehat dan dapat menciptakan nilai ekonomi baru di masyarakat. Jerry Sambuaga juga terus memfasilitasi pengembangan gim lokal lantaran lebih mudah untuk diekspor dibandingkan produk migas dan nonmigas.
 
Jerry mengungkapkan potensi perdagangan gim juga besar karena sudah banyak platform dan aplikasi yang mendukung perdagangan gim khususnya, dan produk digital pada umumnya. Ada yang bergerak di bidang pembayaran, ada pula yang bergerak di bidang marketing dan sebagainya.
 
Saat ini dunia kembali normal bahkan masuk ke era endemik, tentunya tatanan sosial dan  ekonomi mengalami perubahan. Aktivitas digital membuat  manusia menjadi mudah dalam melakukan transaksi apapun.
 
Ketua Umum IESPA DKI Anindyo Haskoro Suhardono berharap  upaya  pendidikan kepada masyarakat, agar industri Blockchain dan cryptocurrency mampu bertahan dan menjadi alternatif dalam transaksi keuangan yang ideal.
 
Dia menyambut positif kegiatan Ashtara Consulting bekerjasama dengan IESPA DKI Jakarta dan HIPMI Jaya membuat kegiatan diskusi mengenai teknologi blockchain dan cryptocurrency dalam industri gaming dan keuangan di masa depan.
 
“Harapannya dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat terus ikut serta dalam pengembangan dunia digital terutama pada industri blockchain dengan segala ekosistem pendukung agar terus melahirkan berbagai inovasi baru termasuk pada cryptocurrency,” jelas dia.
 
Sebelumnya, CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan teknologi blockchain memiliki penerapan yang luas dan berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi, khususnya di masa industri 4.0 seperti saat ini sebagai era yang didirikan melalui integrasi antarteknologi dan mengedepankan transparansi.
 
Terlebih banyak developer lokal di Indonesia yang membangun proyek yang didasari oleh teknologi blockchain untuk menyambut kesiapan perekonomian di sektor industri digital. Blockchain pada prinsipnya diciptakan untuk melengkapi sistem perekonomian sehingga industri menjadi lebih efisien, lebih mudah digunakan, dan juga lebih transparan.
 

(SAW)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan