Hujan Deras, Banjir Hari Ini Merata di Seluruh Jabodetabek

GenPI.co – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau penduduk di kawasan rawan banjir Jabodetabek untuk waspada lantaran intensitas curah hujan yang masih tinggi di Bogor, Jawa Barta.

Peringatan itu juga dikeluarkan menyusul banjir yang telah terjadi di wilayah Kabupaten Bogor.

“Wilayah lain, khususnya di sepanjang DAS Ciliwung, Jakarta, Lebak, dan Tangerang, perlu meningkatkan kewaspadaan akan potensi banjir,” ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Sabtu (16/7).

BACA JUGA:  Gawat, Ada Peringatan Banjir Rob di Jakarta, Semua Warga Waspada!

Abdul mengatakan hujan deras dengan durasi panjang memicu banjir di enam wilayah kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/7) akibat ada pendangkalan Daerah Aliran Sungai (DAS) Pesanggrahan.

Adapun wilayah terdampak meliputi Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Citeureup, Kecamatan Bojong Gede, Kecamatan Jonggol, Kecamatan Kemang dan Kecamatan Cibinong.

BACA JUGA:  Intensitas Hujan Masih Tinggi, Anak Buah Anies Tegas

Kajian cepat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor yang dilaporkan kepada Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana, sebanyak 3.891 jiwa dari 941 KK yang terdampak.

Selain itu, ada 941 unit rumah dan tiga tempat ibadah yang terdampak banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) 50-100 sentimeter.

BACA JUGA:  Awas, Ada Peringatan Banjir Rob di Surabaya, Semua Warga Waspada!

Banjir juga sempat memaksa kurang lebih 209 jiwa mengungsi sementara saat tempat tinggal mereka terendam air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.

Tinggalkan Balasan