Tenaga Kerja IKN Nusantara Dipersiapkan, Propan Raya Siap Dukung Pelatihan - GenPI.co
Sekjen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mohammad Zainal Fatah; Wakil Kepala Badan Otorita IKN, Dhony Rahajoe; dan Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Yudha Mediawan. Foto: PR Propan

GenPI.co – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tengah dipersiapkan, salah satunya dengan persiapan Tenaga Kerja Konstruksi yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR di Bendungan Sepaku, Semoi, Kalimantan Timur, Sabtu (27/08/2022).

Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) untuk Penyiapan Pembangunan Infrastruktur IKN, telah dibuka secara resmi oleh Sekjen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mohammad Zainal Fatah dalam hal ini mewakili Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono.

Adapun, rangkaian kegiatan pelatihan dan sertifikasi tahap pertama ini akan dilaksanakan mulai hari ini, 27 Agustus sampai dengan 9 September 2022 yang melibatkan sebanyak 1.535 orang peserta, dengan rincian calon tenaga kerja konstruksi.

BACA JUGA:  Hadir di Festival Arch:ID, Propan Raya Pamerkan Ragam Cat Terbaik

“500 orang peserta dihadirkan langsung pada acara seremonial ini yang berasal dari Kecamatan Sepaku 121 orang, Kecamatan Penajam 106 orang, Kecamatan Waru 53 orang, Kecamatan Babulu 220 orang. 317 peserta dihadirkan secara virtual, berasal dari Untag Samarinda, Politeknik Negeri Samarinda dan Universitas Mulawarman,” paparnya.

Selain itu, 718 orang dihadirkan dari luar Provinsi Kaltim.Kegiatan tersebut disiapkan hingga nantinya pekerja yang sudah ahli diserap Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK).

BACA JUGA:  Gandeng Boy William, Cat Propan Ekspansi Pasar Internasional

“Dengan pekerjaan yang masif membutuhkan tenaga kerja besar. Tenaga kerja di IKN ini orang yang terpilih dengan tersertifikasi,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah.

Mohammad Zainal Fatah menyebut dengan pekerja yang terlibat banyak akan mempercepat penyelesaian pembangunan IKN. Khususnya, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

BACA JUGA:  IKN Nusantara Mewujudkan Kejayaan Indonesia sebagai Paru-paru Dunia

Kegiatan ini terlaksana berkat sinergi antara Kementerian PUPR dengan Mitra Strategis Jasa Konstruksi dalam rangka peningkatan Sumber Daya Jasa Konstruksi serta mendukung pelaksanaan pelatihan sertifikasi kompetensi kerja konstruksi tahap kesatu untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.