cnbc-indonesia.com – Buktinya, beberapa orang pernah mengalami kejadian buruk mengancam nyawa di sungai. Tidak sedikit pula orang yang meninggal usai berenang dan terseret arus di sungai.

Lalu sebenarnya, ada berapa sungai di dunia yang dianggap paling berbahaya?

1. Sungai Wharfe di Inggris

Sungai Wharfe merupakan sungai dengan tipikal biasa yang membentang dari Kota Yorkshire Barat menuju ke bagian timur dan memiliki cabang tak terhingga, sampai memerlukan banyak fase penelitian dalam mengukur panjangnya.

Ditambah dengan debit air dengan intensitas naik turun per musimnya. Hal tersebut diduga karena adanya es mencair sesaat dari musim dingin ke semi.

Walau nampak sekilas hanya sebagai sungai biasa, tetapi janganlah dianggap sepele. Karena satu ikon objek alam dari kota di Inggris tersebut menyimpan banyak misteri di dalamnya.

Salah satu dari keganjilan tersebut, yakni terdapat semacam terowongan di bawah sungai yang dapat menghisap benda apa pun yang hanyut dan tenggelam di sana.

Hisapan tersebut cukup kuat. Bahkan terdapat kasus laporan adanya hewan peliharaan dan beberapa turis yang hilang bak diculik oleh orang jahat.

2. Sungai Mekong di Asia Tenggara

Di urutan terakhir ada sungai terpanjang se-Asia Tenggara, yakni Sungai Mekong. Dengan memiliki panjang 4.9 km, serta melintasi negara Myanmar, China Selatan, Kamboja, Vietnam dan Laos.

Sungai ini terkenal dengan transportasi air dan pariwisatanya yang bikin ketagihan saat menyusuri ditepinya.

Para penduduk lokal biasa memanfaatkan sungai tersebut guna melakukan irigasi, sebagai PLTA, kebutuhan rumah tangga, berdagang, mengantarkan barang dan lain sebagainya.

Walau terdapat banyak manfaat dan keindahan lainnya. Arus di sungai ini banyak memakan korban, terutama navigasi kapal yang sering terkecoh layaknya main kucing-kucingan. Banyak yang berspekulasi ada hal gaib, mistis dan budaya lokal hingga memakan banyak ‘korban di dalamnya.

3. Sungai Kongo di Afrika Barat

Sungai berbahaya yang pertama terdapat di benua Afrika. Ya, tidak heran jika salah satu hamparan daratan yang dijuluki sebagai ‘paru-paru dunia’ memiliki banyak kondisi alam yang ekstrim dan tak terjamah secara menyeluruh.

Tepatnya di antara negara Kongo dan Zaire, melintas sebuah sungai besar dan dalam, serta memiliki panjang 4.500 m atau 4.5 km dengan volume air cukup banyak menyimpan banyak kengerian di dalamnya.

Pasalnya, banyak laporan dan kisah dari berbagai media khusus seperti para petualang besar maupun kecil yang tenggelam dan hilang saat meliput di sungai tersebut.

Pemandangannya keren abis dan sangat memanjakan mata. Namun, saat ada seseorang mulai terbelalak layaknya hipnotis ke sungai tersebut, tiba-tiba arusnya mulai mengalir dengan deras dan insiden pun terjadi.

4. Sungai Amazon

Sungai yang satu ini sangat terkenal dan menjadi yang tertua serta keberadaannya di mana membuat seluruh umat manusia pasti tahu dengan objek alam dengan julukan ‘most dangerous siver in the world of all time’.

Sungai Amazon memiliki hulu awal dari Brazil, kemudian melintasi negara Kolombia hingga hilir di Peru.

Sungai tersebut dinobatkan sebagai sungai terpanjang, terlebar dan memiliki pesaing dengan sungai Nil di Mesir yang hampir menyalip rekor tersebut.

Kemudian, di mana letak bahayanya?

Bahaya pertama yakni arus airnya deras, dalam dan tidak ramah sekali. Bahaya kedua, adanya binatang air yang buasnya seperti buaya, ikan piranha, ular anakonda dan belut listrik, nyamuk besar Amazon, beserta lintah dengan ukuran tak biasa.

Sungai ini juga berada di hutan yang lebat. Uniknya, banyak orang terutama kaum bule yang nekat mengunjungi sungai ini entah dibuat film, YouTube, TikTok, WA Story dan lain-lain.