Mengenal Jenis Eksfoliasi untuk Kondisi Kulit yang Berbeda

cnbc-indonesia.com – Sel kulit mati yang menumpuk di wajah bisa menyebabkan beberapa permasalahan kulit, seperti komedo, jerawat, hingga kulit terlihat kusam.

Eksfoliasi adalah salah satu perawatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk di wajah tersebut.

Untuk bisa mendapatkan manfaat eksfoliasi , ada dua jenis eksfoliasi yang bisa digunakan. Ketahui kedua jenis eksfoliasi untuk kondisi kulit yang berbeda berikut ini.

Jenis eksfoliasi

Dilansir dari Medical News Today, ada dua jenis eksfoliasi yang bisa digunakan, yaitu mechanical dan chemical.

  • Eksfoliasi mekanis

Mechanical exfoliation atau eksfoliasi mekanis adalah jenis eksfoliasi yang menggunakan objek atau alat tertentu untuk menghilangkan sel kulit mati, seperti spons, kuas wajah, dan waslap.

  • Eksfoliasi kimia

Sedangkan chemical exfoliation atau eksfoliasi kimia adalah jenis eksfoliasi yang menggunakan bahan kimia untuk merontokkan dan menghilangkan sel kulit mati.

Seperti penggunaan skincare yang berbasis AHA atau alpha-hydroxy acid dan BHA atau beta-hydroxy acid.

Jenis eksfoliasi yang cocok untuk kondisi kulit tertentu

Dilansir dari Healthline, jenis kulit akan menentukan jenis eksfoliasi. Beberapa jenis kulit tidak cocok untuk menggunakan jenis eksfoliasi tertentu sehingga akan menyebabkan iritasi dan kemerahan.

Berikut adalah jenis eksfoliasi yang cocok digunakan untuk kondisi kulit tertentu menurut Healthline.

  • Kulit kering

Pemilik kulit kering disarankan untuk menghindari eksfoliasi mekanis yang menggunakan alat karena akan membuat kulit terlalu kering dan iritasi.

Anda yang memiliki kulit kering lebih disarankan untuk menggunakan eksfoliasi kimia yang mengandung glycolic acid atau asam glikolat yang berguna untuk menghilangkan penumpukan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

  • Kulit sensitif

Jenis eksfoliasi mekanis tidak disarankan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif karena akan menyebabkan kemerahan dan iritasi.

Pemilik kulit sensitif lebih disarankan untuk menggunakan jenis eksfoliasi kimia yang diaplikasikan dengan waslap.

  • Kulit berminyak

Jenis eksfoliasi mekanis dengan menggunakan kuas wajah disarankan untuk Anda yang memiliki kulit berminyak.

Penggunaan alat ini akan lebih efektif menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk dan bisa menjangkau setiap permukaan kulit.

  • Kulit normal

Kedua jenis eksfoliasi, yakni eksfoliasi mekanis dan kimia, bisa digunakan oleh Anda yang memiliki kulit normal.

Salah satu jenis eksfoliasi memiliki tingkat efektivitas yang lebih tinggi sehingga disarankan untuk mencoba keduanya agar tahu mana yang lebih cocok untuk digunakan.

  • Kulit kombinasi

Pemilik kulit kombinasi perlu menggunakan dua jenis eksfoliasi secara bergantian.

Namun, kedua jenis eksfoliasi tidak disarankan untuk digunakan dalam sehari dan perlu diberi jeda agar tidak memicu iritasi.

Memilih jenis eksfoliasi yang tepat berdasarkan kondisi kulit yang dimiliki sangatlah penting agar kulit tidak iritasi.

Penggunaan produk eksfoliasi juga perlu diperhatikan agar lebih efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!