cnbc-indonesia.com – Aktor 35 tahun itu mengungkapkan kalau saat masih sekolah, ia juga tidak lantas menyadari bakat aktingnya. Ketika masih duduk di bangku SMP, Reza bahkan pernah menjadi atlet renang hingga mengikuti kejuaran PON mewakili daerahnya.

“Gue SMA masih sulit mencari apa yang gue mau, itu gue rasakan. Kesempatan rasanya tidak terlalu banyak. Sampai akhirnya ikut ajang pencarian bakat. Itu proses yang mengajarkan banyak hal. Jadi, gue juga produk pencarian bakat,” cerita Reza saat konferensi pers Pocari Sweet Bintang SMA 2022 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Reza, menjadi peserta pencarian bakat kala itu mengajarkannya banyak hal, seperti pentingnya kerja keras, proses, juga konsistensi untuk bisa meraih sesuatu.

Hanya saja, para siswa itu perlu berani menunjukkan bakat juga kreativitasnya kepada publik tanpa khawatir dicela. Dengan ikut Pocari Sweat Bintang SMA 2022, Reza mengatakan bahwa kompetisi itu bisa menjadi panggung bagi para siswa untuk mengeksplor diri juga menunjukkan bakat mereka.

“Gue melihat ini ajang pencarian bakat, suka-gak suka, penting untuk terus ada. Karena gak dipungkiri, hanya melihat followers sosmed itu memang gak salah, tapi dari ajang pencarian bakat ada proses. Kita harap anak-anak itu bisa belajar dari proses tersebut,” tuturnya.

Untuk ikut tahap proses seleksi awal, siswa hanya perlu merekam bakatnya dengan kreatif. Kemudian diposting ke media sosial seperti Instagram, Twitter, juga TikTok dengan tagar #BintangSMA2022 dan tag @pocariid. Atau pun dengan mengunggah ke situs Bintang SMA. Periode submission video tersebut akan dibuka hingga 12 Oktober 2022.

Reza menjadi salah satu juri yang akan langsung menyeleksi video kiriman tersebut, bersama tiga juri lain, yakni Eka Gustiwana, Cinta Laura, dan Najwa Shihab.

Ia menegaskan kalau dirinya tidak akan melihat jumlah pengikut di media sosial jadi faktor penentu lolos seleksi. Reza juga berpesan agar para siswa harus percaya diri juga tidak perlu membandingkan dengan bakat orang lain.

“Tunjukan aja dulu bakat yang kita punya. Buat video yang menarik dan jangan terlalu over presure, gak apa-apa eksplor semua yang ada, jangan terlalu ngegaet profesi tertentu. Coba berbagai macam hal sampai nanti passionate di bidang itu,” pesan Reza.

Telah diadakan sejak 2019, ajang Pocari Sweat Bintang SMA dinilai selalu diikuti oleh anak-anak dengan bakat yang beragam. Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka Puspita Wina mengatakan, bakat yang ditampilkan tidak hanya dibidang hiburan.

Hal itu terbukti dari para pemenang, di mana juara Pocari Sweat Bintang SMA 2019 diraih oleh Nada Shakira, seorang pemain biola dan kini aktif menjadi YouTuber.

Juara Pocari Sweat Bintang SMA 2020 Pramudya Azriel, atlet wushu yang kini bergabung dengan talent agency dan mulai terlibat dalam projek film action. Dan juara Pocari Sweat Bintang SMA 2021 Pudak Wangi dengan bakat membuat animasi bahkan telah digaet oleh penyanyi Yuni Shara untuk membuat video klip terbarunya.

“Setiap tahun kita selalu temukan bakat-bakat yang semakin variatif dan partisipasi dari kota-kota yang semakin luas. Dan kita merasa potensi bakat dari anak-anak SMA di Indonesia ini sangat luar biasa,” kata Wina.

Meski harus berkompetisi, Wina menyampaikan kalau pesan yang ingin disampaikan tetap sama, yakni “Sweat for Dream” sebagai bentuk dukungan kepada anak-anak muda untuk mewujudkan mimpi dengan usaha dan keringat.

Berbeda dari tiga tahun sebelumnya, Pocari Sweat Bintang SMA 2022 telah berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI (Kemendikbud), Ruangguru, dan Narasi untuk menghadirkan pengalaman seru serta edukatif bagi para peserta.