cnbc-indonesia.com – Laman pencarian Google hari ini dihiasi dengan ilustrasi mangkuk ayam jago .

Berlatar merah, terdapat gambar sebuah mangkuk berwarna putih dengan gambar ayam jago yang ikonik.

Rasanya kita semua pasti sudah familiar dengan mangkuk yang jadi andalan tukang mie ayam, bakso dan berbagai jajanan lainnya.

Google Doodle hari ini memang merayakan Lampang Rooster Bowl alias desain mangkuk ayam jago khas dari Thailand .

Makna google doodle mangkuk ayam jago hari ini

Google doodle hari ini adalah karya seniman asal San Fransisco, Helene Leroux.

Gambar tersebut dibuat sebagai persembahan untuk desain peralatan makanan vintage sekaligus perayaan momen istimewa.

Pada tahun 2013 lalu, di tanggal ini, Pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam jago ikonik tersebut sebagai produk Indikasi Geografis Lampang.

Artinya, hukum perdagangan internasional menegaskan kualitas dan reputasi mangkuk ayam yang dibuat di salah satu provinsi Thailand tersebut.

Desain peralatan dapur berupa ayam jantan berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang ini sudah sangat populer di Asia sejak dulu.

Awalnya, mangkuk ayam jago ini diimpor ke Thailand dari China dengan gambar yang lebih tradisional.

Dalam filosofi Asia Timur, ayam jago melambangkan kerja keras sedangkan daun pisang dan peony merah melambangkan mimpi keberuntungan.

Lalu tahun 1957, para pengusaha membuka banyak pabrik peralatan dapur bergambar ayam jago di provinsi Lampang, Thailand.

Wilayah itu, yang penuh dengan mineral lempung, dianggap lebih cocok untuk pembuatan keramik yang jadi bahan baku peralatan dapur tersebut.

Saat Lampang mulai memproduksi peralatan makan secara massal dengan desain ayam jago tersebut, mangkuk tersebut menjadi salah satu produk terlarisnya.

Kehadiran mangkuk ayam jago tersebut bahkan membawa stabilitas keuangan dan kesejahteraan bagi penduduk lokal Lampang.

Meskipun Lampang terus memproduksi mangkuk ayam jago hingga saat ini, hanya sedikit pabrik yang mampu mempertahankan gaya dan bahan tradisional seperti yang dulu dipakai.

Oleh sebab itu, mangkuk ayam jago yang dilukis dengan tangan, seperti pada Google Doodle hari ini, menjadi barang koleksi yang lama.

Kini, gambar ayam jago banyak diaplikasikan tak hanya pada mangkuk namun juga gelas dan peralatan dapur lainnya.

Desain tradisional ini terbukti mampu bertahan hingga masa modern seperti saat ini dengan berbagai variasi yang muncul sekarang.