cnbc-indonesia.comStreet feading bisa tidak hanya untuk cat lovers aja loh, kamu juga bisa melakukan kegiatan ini di manapun dan kapanpun.

Kegiatan memberi makan kucing liar berguna untuk menjaga kesehatan hewan liar seperti kucing atau anjing.

Biasanya hewan liar yang ada disekitar lingkungan akan memiliki kondisi yang buruk. Keadaan ini bisa dipengaruhi beberapa faktor seperti, lingkungan yang kotor, kurangnya ketersediaan makanan , dan kurangnya asupan gizi pada hewan.

Baca Juga: 8 Fakta RM BTS yang Berulang Tahun Ke-28 Hari Ini

Kucing yang kekurangan gizi akan cenderung terlihat kurus dan tidak terawat. Keadaan buruk seperti inilah yang biasanya menyebabkan kucing sakit karena kelaparan.

Di Bandung pada tahun 2018 ada 4.060 ekor hewan liar yang berpotensi menularkan penyakit rabies. Jumlah ini bukanlah jumlah yang sedikit. Akan berbahaya jika terus menerus dibiarkan begitu saja. Untuk itu diperlukan langkah pemerataan vaksin untuk hewan liar di sekitar kita.

Namun sebagai masyarakat biasa, kita juga bisa ikut berkontribusi untuk mencegah terjadinya penularan virus rabies. Kita bisa mengambil langkah awal seperti melakukan street feeding untuk meminimalisir angka hewan yang mati karena kelaparan.

Baca Juga: Kemnaker Sebut Pekerja Disabilitas Perlu Dilindungi: Komitmen Pemerintah dan BUMN pada HAM

Berikut adalah tips sederhana saat melakukan street feeding cat yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Perhatikan responS lingkungan

Sebaiknya sebelum melakukan kegiatan memberi makan kucing liar, cat lovers bisa terlebih dahulu memastikan lingkungan sekitar apakah banyak orang yang mendukung aksi ini atau malah sebaliknya. Jika dilingkungan tersebut banyak yang mendukung aksi street feeding kamu bisa lebih leluasa memberikan makanan dry food untuk kucing – kucing terlantar.

2. Berikan makanan yang bergizi

Pastikan kamu membawa makanan yang baik untuk kesehatan kucing sehingga kucing liar bisa terpenuhi gizinya. Kamu tidak harus membeli makanan kucing yang mahal, saat ini banyak dry food yang murah namun memiliki kualitas tinggi.

Baca Juga: 8 Fakta RM BTS yang Berulang Tahun Ke-28 Hari Ini

3. Membawa wadah makanan dan minuman

Kamu sebaiknya membawa wadah atau tempat yang bisa digunakan untuk meletakan makanan kucing agar tidak berceceran kemana-mana.

4. Menjaga kebersihan

Setelah kamu memberi makan kucing liar, kamu harus membersihkan kembali alat dan sisa-sisa makanan kucing yang berserakan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan masyarakat lain.

5. Memberi obat dan vitamin

Setelah malakukan street feeding, kamu bisa memberikan asupan obat dan vitamin yang berguna untuk meningkatkan sistem imun kucing liar. (Anggita adi Sumadi)***