Bolehkah Ibu Hamil Tidur Miring ke Kanan?

Bolehkah Ibu Hamil Tidur Miring ke Kanan?

cnbc-indonesia.com – Selama mengandung buah hatinya, banyak ibu hamil yang susah tidur karena tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya.

Di trimester awal kehamilan, ibu hamil dihadapkan dengan persoalan mual, sakit kepala, dan masalah kesehatan lainnya karena perubahan hormon.

Begitu juga di trimester akhir kehamilan, ibu hamil kembali diuji dengan kondisi perut yang mulai membesar mendekati persalinan.

Seperti diketahui, tidur berkualitas penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil sekaligus menunjang tumbuh kembang optimal janin dalam kandungan.

Sejumlah ibu hamil kerap bergulat mencari posisi tidur paling nyaman sembari menimbang risiko kesehatannya.

Sebelum mengulas boleh tidaknya ibu hamil tidur miring ke kanan , simak dulu penjelasan posisi tidur ideal untuk ibu hamil berikut.

Posisi tidur ideal untuk ibu hamil

Melansir What to Expect, posisi tidur ibu hamil yang paling ideal, terutama saat trimester akhir kehamilan adalah miring ke kiri.

Beberapa ahli menyebut posisi ini memungkinkan darah dan nutrisi untuk mengalir dengan optimal ke plasenta.

Tidur miring ke kiri juga dapat meningkatkan fungsi ginjal dan memperbaiki sistem pembuangan limbah dari tubuh.

Selain itu, manfaat posisi tidur ini juga bisa mengurangi bengkak di kaki, pergelangan kaki, dan tangan ibu hamil.

Ibu hamil disarankan menghindari tidur terlentang di trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Posisi tidur terlentang saat perut sudah membesar dapat menekan usus dan pembuluh darah vena yang membawa darah kembali ke jantung dari tubuh.

Akibatnya, ibu hamil yang tidur terlentang rentan mengalami sakit punggung, wasir, gangguan pencernaan, mengurangi sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, dan menyebabkan pusing.

Lantas, bolehkah ibu hamil tidur miring ke kanan?

Tidur miring ke kiri disebut sebagai posisi tidur ideal ibu hamil karena dianggap lebih baik untuk menjaga kesehatan.

Tapi, sebenarnya boleh saja ibu hamil tidur miring ke kanan. Melansir Healthline, studi pada 2019 pernah meneliti keamanan ibu hamil tidur miring, baik kanan dan kiri hasilnya sama saja.

Selama ibu hamil nyaman tidur miring ke kanan, maka posisi tidur tersebut tak jadi persoalan.

Tips ibu hamil tidur miring yang aman dan nyaman

Tidur miring baik ke kanan atau kiri boleh jadi merepotkan bagi ibu hamil yang belum terbiasa. Tapi, jangan khawatir, simak tips berikut:

  • Trimester pertama

Agar tubuh terbiasa, coba menyelipkan bantal di antara kedua kaki dan mengurangi ketidaknyamanan di pinggul ketika tidur miring.

  • Trimester kedua

Ketika perut sudah mulai membesar, ibu hamil dapat memanfaatkan bantal kehamilan berbentuk “U” atau “C” untuk menambah kenyamanan tidur miring.

Posisikan bantal tersebut di sepanjang punggung, lalu peluk bagian depan sembari menyelipkan pengujung bantal di antara lutut.

  • Trimester ketiga

Lanjutkan pakai bantal kehamilan sebagai penyangga. Letakkan bantal penyangga di bawah perut dan di belakang punggung agar tidak berguling.

Jika ibu hamil belum terbiasa tidur miring kanan atau kiri, coba gunakan bantal untuk menopang tubuh bagian atas dengan sudut 45 derajat.

error: Content is protected !!