Bebas Ribet, Berikut 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

cnbc-indonesia.com – Banyak orang berburu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang praktis dijajal di rumah.

Seperti diketahui, bekas jerawat adalah salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu karena dapat mengikis kepercayaan diri.

Meskipun cukup mengganggu, Anda jangan khawatir berlebihan. Dilansir dari Medical News Today, bekas jerawat tidak selamanya muncul di wajah.

Bebarapa bahan alami atau perawatan di rumah juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat lebih cepat. Simak penjelasan berikut.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami

Dilansir dari Mirror, berikut lima cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang praktis dan mudah dipraktikkan di rumah:

  • Oleskan lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat antiperadangan dan antibakteri alami, sehingga bisa membantu mengobati jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal lidah buaya agar bekas jerawat cepat memudar, Anda cukup mengoleskan lendir lidah buaya ke bekas jerawat. Kemudian, pijat dengan lembut dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, baru bilas sampai bersih.

Anda juga bisa menggunakan campuran tea tree. Gunakan campuran tersebut di bekas jerawat. Setelah 15 menit, baru bilas dengan air dingin sampai bersih.

  • Pakai lemon

Lemon juga termasuk bahan alami yang berkhasiat untuk menghilangkan bekas luka pada tubuh, termasuk bekas jerawat.

Zat aktif lemon bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Sebagai bonusnya, lemon juga dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan lemon cukup mudah. Anda cukup mengoleskan perasan lemon ke bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit, baru bilas dengan air bersih. Ulangi satu atau dua kali sehari.

Atau, Anda juga bisa menggunakan campurkan perasan lemon dan madu dalam perbandingan satu banding satu. Oleskan campuran tersebut ke bekas jerawat, tunggu selama 10 menit, baru bilas sampai bersih.

  • Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah sumber vitamin E dan asam lemak alami yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

Anda bisa menggunakan bahan alami ini dengan cara mengoleskan minyak kelapa yang sudah dihangatkan ke bekas jerawat. Pijat lembut dan biarkan selama satu jam, baru bilas dengan air bersih.

Atau, gunakan campuran

  • Tempelkan potongan kentang

Kandungan sari tepung pati yang tinggi dalam kentang berguna untuk menghilangkan noda atau bekas luka, termasuk bekas jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan potongan kentang yakni potong kentang tipis-tipis, lalu gosokkan irisan tersebut ke area bekas jerawat. Tunggu selama satu menit baru bilas dengan air bersih. Agar hasilnya efektif, gunakan beberapa kali seminggu.

  • Gunakan kunyit

Kunyit mengandung bahan aktif curcumin. Zat aktif ini bersifat antiinflamasi dan dapat membantu proses penyembuhan luka dan bekas luka di kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan kunyit juga cukup mudah. Anda tinggal mencampurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit perasan lemon. Oleskan campuran ini ke bekas jerawat, tunggu 15 menit, baru bilas dengan air hangat.

Atau, campurkan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!