8 Cara Mencegah Jerawat Melalui Kebiasaan Baik

cnbc-indonesia.com – Jerawat bisa datang lagi meskipun sudah melakukan perawatan kecantikan yang mahal sekalipun.

Jerawat sebenarnya bisa dicegah melalui kebiasaan-kebiasaan baik yang berfokus pada kesehatan serta kebersihan kulit.

Simak cara mencegah jerawat melalui kebiasaan baik berikut ini agar wajah tetap mulus dan terhindar dari jerawat.

Cara mencegah jerawat

Disarikan dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah beberapa cara mencegah jerawat yang bisa dicoba.

  • Mencuci muka dengan benar

Kotoran, keringat, dan minyak berlebih bisa memicu timbulnya jerawat di wajah.

Rajin mencuci muka setiap dua kali sehari, pada pagi dan malam hari, serta setelah melakukan aktivitas yang memicu banyak keringat sangat disarankan untuk mencegah jerawat.

  • Menggunakan pelembap

Pelembap tetap harus digunakan pada wajah yang berjerawat agar kulit tidak kering.

Kulit yang terlalu kering malah akan memproduksi minyak secara berlebihan untuk menyeimbangkannya sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan memicu jerawat.

  • Mengurangi penggunaan riasan

Riasan yang tebal bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Penggunaan riasan bisa dikurangi atau pilih produk yang tidak mengandung pewangi tambahan dan tidak memicu komedo, serta tidak lupa untuk selalu membersihkan riasan sebelum tidur.

  • Menghindari kebiasaan menyentuh wajah

Kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan adalah salah satu penyebab jerawat yang sering tidak disadari, terlebih jika tangan dalam keadaan tidak bersih.

Hindari kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan dan selalu pastikan bahwa tangan dalam keadaan bersih sebelum menyentuh wajah.

  • Mengurangi paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari akan membuat kulit menjadi terlalu kering sehingga produksi minyak meningkat dan menyumbat pori-pori.

Kurangi paparan sinar matahari dan selalu gunakan sunscreen secara teratur untuk menghindari hiperpigmentasi atau warna kulit yang tidak merata.

  • Tidak memencet jerawat

Jerawat yang meradang sering membuat seseorang ingin memencetnya. Padahal, kebiasaan ini akan menimbulkan bekas jerawat dan infeksi.

Memencet jerawat juga akan meningkatkan risiko inflamasi serta penyumbatan pori-pori di sekitarnya sehingga jerawat akan bertambah banyak dan parah.

  • Menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai

Memilih produk perawatan kulit yang tidak akan memicu timbulnya komedo serta jerawat sangatlah penting.

Gunakan pelembap yang ringan dan bebas alkohol, serta mineral sunscreen yang akan membuat kulit tetap lembap dan akan terlindung dari sinar UV.

  • Menjaga kebersihan pribadi

Menjaga kebersihan barang-barang pribadi, khususnya yang akan secara langsung menyentuh wajah, seperti seprai, kuas untuk riasan, hingga masker sangalah penting.

Mengganti dan mencuci barang-barang tersebut secara berkala akan membersihkannya dari penumpukan sel kulit mati dan bakteri yang akan menyumbat pori-pori.

Cara mencegah jerawat tersebut bisa dilakukan dengan mudah, namun disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ketika jerawat tetap datang dan parah untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!