7 Makanan dan Minuman untuk Bantu Agar Cepat Tidur di Malam Hari

7 Makanan dan Minuman untuk Bantu Agar Cepat Tidur di Malam Hari

cnbc-indonesia.com – Banyak orang bingung harus makan atau minum apa agar bisa cepat tidur di malam hari.

Seperti diketahui, susah tidur di malam hari atau dikenal dengan insomsia bisa mengganggu kesehatan, terutama jika terjadi berkepanjangan.

Orang yang terbiasa tidur kurang dari tujuh jam di malam hari berisiko terkena penyakit kronis, pikiran jadi tidak fokus, sampai daya tahan tubuh melemah.

Kabar baiknya, cara agar bisa tidur nyenyak di malam hari bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa makanan dan minuman berikut ini.

Makanan dan minuman agar cepat tidur di malam hari

Dilansir dari , ahli gizi Kristin Kirkpatrick, RD menjelaskan, jenis makanan dan minuman yang mengandung vitamin B6, B12, asam folat, dan terkait hormon seretonin bisa meningkatkan kualitas tidur.

“Cobalah mengonsumsi makanan yang menenangkan tubuh, meningkatkan kadar seretonin, dan bersiap untuk bisa tidur nyenyak di malam hari,” jelas Kirkpatrick.

Menurut dia, selama ini karbohidrat sederhana termasuk salah satu asupan dapat membantu mengatasi susah tidur.

Tapi, studi terbaru dari menemukan fakta, makanan tinggi serat dan rendah lemak adalah jenis asupan yang lebih sehat dan bisa membuat tidur makin lelap.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu agar cepat tidur di malam hari:

  • Susu rendah lemak

Dilansir dari , segala jenis susu dan produk turunanannya seperti keju, yogurt, dan mentega adalah sumber protein triptofan. Zat gizi ini dapat meningkatkan kualitas tidur, terutama jika dikombinasikan dengan rutin olahraga ringan. Agar lebih sehat, pilih jenis susu sampai keju rendah lemak.

  • Pisang

Buah pisang mengandung magnesium yang dapat membantu agar tidur cepat dan nyenyak di malam hari.

  • Oatmeal

Saat makan malam, coba ganti nasi putih yang merupakan karbohidrat sederhana dengan oatmeal yang mengandung karbohidrat kompleks dan lebih banyak serat. Selain itu, asupan berbasis gandum ini juga mengandung melatonin yang bisa merangsang rasa kantuk.

  • Chamomile

Teh non-kafein seperti chamomile dikenal berkhasiat sebagai obat tidur alami. Asupan ini mengandung antioksidan apigenin yang dapat meningkatkan rasa kantuk dan membantu mengatasi insomnia.

  • Ikan berlemak sehat

Ikan berlemak sehat seperti salmon, tuna, trout, dan mackerel mengandung banyak asam lemak omega 3 yang sehat dan vitamin D. Kombinasi kedua zat gizi ini terbukti bisa meningkatkan kadar seretonin, hormon agar bisa tidur nyenyak di malam hari.

  • Kiwi

Dikutip dari , buah kiwi mengandung vitamin C, E, potasium, dan folat. Kandungan gizi dan antioksidan kiwi yang tinggi dapat meningkatkan seretonin dalam tubuh. Studi menunjukkan, orang yang makan kiwi sejam sebelum tidur terbukti bisa istirahat lebih cepat dan nyenyak.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, mete, kenari, walnut, atau pistachio mengandung melatonin, magnesium, dan zinc yang berguna untuk membantu mengatasi insomnia dan membuat tidur lebih nyenyak.

Selain mempertimbangkan beberapa makanan dan minuman untuk membantu agar cepat tidur di malam hari di atas, coba hindari beberapa pantangan asupan penyebab susah tidur di bawah ini.

Makanan dan minuman penyebab susah tidur

Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa jadi penyebab susah tidur di malam hari yang sebaiknya dihindari, antara lain:

  • Makanan dan minuman tinggi gula, seperti aneka hidangan penutup, es krim, minuman manis, dll
  • Asupan berkafein seperti kopi, teh, cokelat, soda, sampai minuman berenergi. Coba hindari asupan ini setidaknya enam jam sebelum tidur agar istirahat di malam hari tidak terganggu
  • Makanan yang terlalu asam, pedas, dan berlemak. Asupan seperti ini bisa meningkatkan asam lambung, terutama pada orang yang punya riwayat gangguan lambung dan GERD
  • Minuman beralkohol

Bagi Anda yang punya masalah insomnia atau susah tidur, coba beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu agar cepat tidur di atas berikut hindari pantangannya. Jika gangguan tidur terasa mengganggu, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi ke dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!