6 Cara Mencegah Kanker Payudara dengan Pola Hidup Sehat

cnbc-indonesia.com – Kanker payudara bisa menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan.

Kabar baiknya, kanker payudara bisa dicegah dengan cara melakukan deteksi dini kanker payudara.

Selain itu, ada beberapa cara mencegah kanker payudara dengan melakukan pola hidup sehat yang perlu Anda jadikan kebiasaan.


Cara mencegah kanker payudara

Dilansir dari Breast Cancer Research Foundation dan Healthline, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara melalui pola hidup sehat:

  • Menjaga berat badan ideal

Salah satu penyebab kanker payudara adalah kelebihan berat badan atau obesitas.

Kondisi ini membuat tubuh memproduksi estrogen yang berlebihan sehingga bisa meningkatkan reseptor estrogen positif sel kanker payudara.

Dengan mengurangi berat badan dan menjaga berat badan ideal, produksi estrogen bisa ditekan sehingga risiko terkena kanker payudara bisa dicegah.

  • Berolahraga secara rutin

Berolahraga setidaknya 30 menit sehari bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Jenis olahraga yang dilakukan tidak harus yang memiliki intensitas berat karena beberapa olahraga ringan, seperti bersepeda, berjalan kaki, hingga berenang, masih bisa dipilih untuk menurunkan risiko kanker payudara.

  • Menghentikan konsumsi minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol akan meningkatkan risiko terkena penyakit kanker payudara , meskipun yang dikonsumsi hanya sedikit.

Membatasi konsumsi minuman beralkohol per hari sangat disarankan sebelum selanjutnya menghentikannya secara bertahap.

Batasan per hari yang disarankan adalah 350 ml untuk bir, 142 ml untuk wine, dan 43 ml untuk minuman beralkohol yang lebih keras, seperti whiskey dan gin.

  • Mengonsumsi makanan bernutrisi

Mengonsumsi makanan yang bernutrisi akan menyehatkan dan bisa menjaga berat badan ideal.

Konsumsi buah, sayur, biji-bijian utuh, susu atau produk susu rendah lemak, dan daging bisa ditingkatkan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Sedangkan makanan yang diproses, goreng-gorengan, atau yang memiliki kandungan gula tinggi bisa dihindari karena malah akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

  • Berhenti merokok

Merokok tidak hanya menyebabkan kanker payudara, namun juga akan memicu munculnya jenis kanker lain dan masalah kesehatan yang lebih serius.

Ditemukan juga bahwa wanita yang memiliki riwayat kanker payudara di dalam keluarga dan merokok akan memiliki risiko terkena kanker payudara yang lebih besar.

  • Menyusui

Menyusui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Meskipun dinilai bisa mengubah bentuk payudara, menyusui akan mencegah tubuh untuk memproduksi lebih banyak estrogen sehingga risiko kanker payudara lebih kecil.

Dilansir dari data Kemenkes pada tahun 2020, kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia.

Selain melakukan deteksi dini, melakukan beberapa cara mencegah kanker payudara di atas sangat disarankan untuk mengurangi risiko penyakit berbahaya ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!