5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental yang Sayang Dilewatkan

cnbc-indonesia.com – Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental .

Bahkan, beberapa gejala gangguan kesehatan mental yang muncul juga bisa dikurangi jika seseorang rajin melakukan aktivitas fisik.

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental tersebut akan langsung didapatkan setelah berolahraga. Untuk itu, kenali beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental berikut ini.

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental

Disarikan dari Healthline dan Mayo Clinic, berikut adalah beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental .

  • Mengurangi stres

Olahraga bisa mengurangi produksi hormon kortisol yang berkontribusi pada stres yang dirasakan.

Bahkan, olahraga sudah terbukti bisa meningkatkan ketahanan seseorang dalam menghadapi situasi yang akan meningkatkan rasa stres.

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Bisa menyelesaikan target ketika berolahraga, bahkan yang kecil sekalipun, bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Olahraga juga akan membuat penampilan lebih baik sehingga seseorang bisa merasa lebih nyaman serta percaya diri dengan tubuhnya.

  • Meningkatkan suasana hati

Berolahraga bisa meningkatkan produksi hormon endorfin yang merupakan hormon bahagia yang membantu dalam meningkatkan suasana hati.

Efek ini juga akan didapatkan jika olahraga dilakukan secara rutin sehingga beberapa gejala gangguan mental , seperti depresi, bisa berkurang.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Tidur yang tidak nyenyak akan berkontribusi untuk menurunkan kesehatan secara umum karena waktu tidur adalah waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki sel-sel di dalam tubuh.

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, bisa membuat seseorang tidur lebih nyenyak dan kualitas tidurnya juga meningkat.

  • Meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat

Manfaat olahraga yang sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian adalah meningkatkan daya ingat, kemampuan berpikir, dan fokus.

Olahraga juga sudah terbukti bisa mengurangi penurunan kemampuan otak pada orang tua dengan usia lebih dari 50 tahun.

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental tersebut akan langsung bisa dirasakan setelah berolahraga.

Namun, tetap disarankan untuk berolahraga secara teratur dan dibarengi dengan konsumsi makanan yang sehat agar kesehatan fisik juga ikut terjaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!