5 Manfaat Bayam, Termasuk Mencegah Hipertensi

cnbc-indonesia.com – Selain mudah didapat dan diolah, bayam adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Hal itu karena bayam mengandung vitamin dan antioksidan yang melindungi kita dari berbagai penyakit kronis.

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui apa saja manfaat bayam untuk kesehatan.

Manfaat bayam

Dilansir dari Health.com, berikut 5 manfaat bayam yang sayang untuk dilewatkan:

  • Kaya nutrisi

Ada berbagai macam nutrisi yang terkandung pada bayam yang dapat menunjang kesehatan tubuh, antara lain:

    1. Vitamin A: untuk menjaga kesehatan mata, mendukung fungsi organ penting, merawat kulit, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.
    2. Vitamin B: berguna dalam membantu pembentukan sel darah merah dan DNA, memasok zat besi, kalsium, hingga kalium.
    3. Vitamin C: bermanfaat dalam pembentukan protein dan pembuluh darah, memelihara tulang dan gigi, hingga menjaga kulit tetap kencang.
    4. Vitamin K: berguna untuk kesehatan tulang, mengobati osteoporosis, melawan autoimun, hingga menurunkan resistensi insulin.
  • Tinggi antioksidan

Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, bayam juga tinggi antioksidan yang berguna dalam mencegah peradangan dan melindungi dari berbagai penyakit.

Beberapa antioksidan dalam bayam yaitu kaempferol, quercetin, myricetin, dan isorhamnetin atau dikenal pula dengan flavonoid.

  • Mendukung kesehatan otak

Efek anti-peradangan bayam menjadikannya salah satu makanan yang berguna untuk mendukung kesehatan otak, terutama pada lansia.

Sebuah penelitian yang diterbiktkan di jurnal Alzheimer & Dementia, selama 5 tahun para peneliti mengamati pola makan dan kemampuan kognitif pada 900 orang dewasa berusia 58-98 tahun.

Peneliti menemukan, partisipan yang mengonsumsi sayuran hijau (termasuk bayam) dengan jumlah banyak hanya mengalami sedikit penurunan kognitif.

Data juga menunjukkan, orang yang makan 1-2 porsi sayuran setiap hari memiliki kemampuan kognitif sama dengan mereka yang berusia sekitar 7 tahun lebih muda.

  • Mencegah hipertensi

Bayam juga merupakan sumber nitrat yang berfungsi untuk membuka atau melebarkan tekanan darah.

Dalam hal ini, nitrat dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi stres pada jantung.

Pada akhirnya, konsumsi sayur bayam atau jus bayam bisa membantu Anda mengelola tekanan darah dan mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  • Mencegah degenerasi makula

Age-related macular degeneration (AMD) atau degenerasi makula adalah gangguan penglihatan yang sering terjadi pada orang lanjut usia.

Degenerasi makula ditandai dengan terganggunya saraf penglihatan atau bahkan kehilangan penglihatan. Meski tidak menyebabkan buta, degenerasi makula membuat seseorang kesulitan membaca atau mengemudi.

Menariknya, degenerasi makula dapat dicegah dengan konsumsi bayam. Hal itu dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan Journal of the Japanese Ophthalmological Society pada 2016.

Penelitian menunjukkan, lutein yang terkandung pada bayam mampu meningkatkan ukuran kepadatan optik pigmen makula. Untuk diketahui, pigmen makula berguna untuk melindungi mata.

Pemaparan di atas merupakan macam-macam manfaat bayam bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Agar nutrisi dan manfaat bayam tetap optimal, Anda sebaiknya memasak bayam dengan cara dikukus atau cukup direbus dengan waktu yang singkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!