5 Cara agar Tidak Mengantuk Tanpa Kopi yang Bisa Dijajal

cnbc-indonesia.com – Kopi adalah sahabat terbaik yang akan menghilangkan rasa kantuk yang menyerang.

Sayangnya, ada beberapa efek samping yang akan timbul ketika minum kopi terlalu banyak, seperti ketergantungan hingga insomnia.

Lalu, bagaimana cara agar tidak mengantuk tanpa kopi ? Simak penjelasan berikut…

Cara agar tidak mengantuk tanpa kopi

Disarikan dari Northwestern Medicine dan Healthline, berikut beberapa cara agar tidak mengantuk tanpa kopi yang bisa dijajal:

  • Minum cukup air putih

Kekurangan cairan tubuh adalah salah satu penyebab mengantuk yang umum terjadi.
Memilih untuk minum air putih, daripada minum kopi, akan membuat tubuh terhidrasi lebih baik dan membuat tubuh lebih terjaga.

  • Berolahraga

Salah satu cara menghilangkan ngantuk yang muncul adalah dengan melakukan olahraga ringan, selama setidaknya 15 menit di pagi hari atau sekadar melakukan gerakan peregangan ketika kantuk datang.

Dengan berolahraga, aliran darah di dalam tubuh akan semakin lancar sehingga tidak mudah mengantuk . Tubuh juga akan memproduksi hormon endorfin yang akan meningkatkan kewaspadaan.

  • Menambah asupan nutrisi

Ketidakseimbangan gula darah bisa membuat seseorang merasa selalu mengantuk. Kondisi ini bisa diatasi dengan menambah asupan nutrisi dan makan dengan teratur.

Beberapa konsumsi makanan dengan gula tambahan juga perlu dihindari karena hanya akan memberikan energi dalam waktu singkat dan membuat tubuh semakin mengantuk.

  • Tidur cukup

Rasa mengantuk yang timbul bisa juga disebabkan oleh waktu tidur yang kurang atau kualitas tidur yang buruk. Pastikan tidur dengan waktu yang cukup agar tidak mengantuk di pagi atau siang hari.

  • Menghindari stres

Rasa stres yang menumpuk bisa membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk terus. Menghindari penyebab stres dan melakukan beberapa aktivitas yang akan meningkatkan suasana hati akan membuat tubuh lebih berenergi.

Melakukan aktivitas yang bervariasi dan beristirahat sejenak juga bisa dilakukan ketika rasa mengantuk mulai menyerang.

Beberapa cara agar tidak mengantuk tanpa kopi tersebut bisa dicoba untuk menghindarkan efek negatif konsumsi kopi yang berlebihan untuk tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!