4 Minuman Terbaik untuk Penderita Diabetes

cnbc-indonesia.com – Tidak semua minuman bebas dikonsumsi oleh diabetesi atau penderita diabetes. Diabetesi perlu menjaga asupan yang dikonsumsi sehari-hari agar kadar gula darahnya tetap stabil.

Seperti diketahui, penderita diabetes harus mencukupi kebutuhan cairan agar tetap terhidrasi dengan baik.

Minum banyak cairan sepanjang hari dapat mengontrol glukosa dengan membuang kelebihan gula dalam darah lewat urine.

Selain itu, pasien diabetes yang kekurangan cairan akan membuat ginjal bekerja ekstra meningkatkan jumlah urine. Kondisi ini akhirnya membuat diabetesi mengalami dehidrasi.

Namun, pasien diabetes harus selektif dalam memilih minuman mereka. Simak penjelasan berikut demi mengetahui minuman terbaik untuk penderita diabetes.

Minuman terbaik untuk penderita diabetes

Dilansir dari Verywell Health, berikut minuman yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita diabetes:

  • Air putih

Air putih adalah cairan terbaik untuk penderita diabetes dan orang normal (tanpa komorbid). Hal itu karena air putih tidak memicu kenaikan gula darah.

Secara umum, orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih minimal delapan gelas dalam sehari.

  • Jus sayuran

Jus sayuran mungkin tidak meningkatkan kadar glukosa dalam darah sebanyak jus buah. Pertimbangkan untuk mengonsumsi jus sayuran, seperti:

  1. Jus tomat
  2. Jus wortel
  3. Jus seledri
  4. Jus kale

Campuran air putih dan sayuran ini bisa menjadi pilihan asalkan tanpa diberi tambahan gula atau pemanis buatan lainnya.

  • Susu

Susu termasuk dalam minuman yang menawarkan manfaat dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Selain itu, susu dan produk turunan lainnya juga memberikan nutrisi seperti kalsium dan vitamin D. Namun, penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu jika ingin memasukkan susu dalam menu harian.

  • Makanan berkuah

Makanan berkuah seperti sup dan semur juga bisa dijadikan opsi minuman sehat untuk penderita diabetes.

Ya, selain dari minuman yang disajikan di dalam gelas atau cangkir, pasien diabetes juga bisa mendapatkan asupan cairan dari makanan berkuah.

Menjaga asupan cairan dengan minuman sehat yang dipaparkan di atas dapat mengoptimalkan kerja ginjal pasien diabetes. Selain itu, air juga menjaga kesehatan organ yang lain.

Minuman yang harus dihindari pasien diabetes

Air dan beberapa alternatifnya adalah pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Namun, minuman lain dapat meningkatkan kadar gula darah Anda sehingga perlu dibatasi atau dihindari.

Berikut beberapa minuman yang sebaiknya dibatasi penderita diabetes:

  1. Jus buah manis
  2. Alkohol
  3. Kopi atau teh berlebihan
  4. Minuman berenergi
  5. Soda
  6. Segala jenis minuman manis

Pasien diabetes juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui asupan minuman terbaik untuk mengontrol gula darah mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!