3 Perbedaan Kalazion dan Bintitan, Biang Benjolan di Kelopak Mata

3 Perbedaan Kalazion dan Bintitan, Biang Benjolan di Kelopak Mata

cnbc-indonesia.com – Mengenali perbedaan kalazion dan bintitan penting untuk membantu mengatasi masalah kesehatan pemicu benjolan di kelopak mata ini.

Seperti diketahui, awam terkadang sulit membedakan bisul atau timbil di kelopak mata ini termasuk bintitan atau kalazion.

Kedua masalah kesehatan ini sekilas sama, padahal penyebab sampai cara mengobatinya berbeda. Untuk itu, kenali perbedaannya lewat artikel di bawah ini.

Perbedaan kalazion dan bintitan

Kalazion dan bintitan tidak sama. Disarikan dari dan , keduanya berbeda dari segi ciri-ciri, penyebab, dan cara mengobatinya:

  • Ciri-ciri kalazion dan bintitan

    • Gejala kalazion:

Kalazion bisa menyebabkan gejala benjolan sedikit keras di kelopak mata, tapi tidak sakit. Benjolan ini terkadang membuat mata merah dan kelopak mata sedikit bengkak, tapi tidak sampai parah. Jika benjolan cukup besar, bola mata bisa tertekan dan pandangan jadi sedikit kabur.

    • Gejala bintitan:

Benjolan di kelopak mata karena bintitan biasanya terasa sakit, ada bercak nanah di tengah timbil. Mata timbilan juga kerap membuat seluruh kelopak mata membengkak, mata terasa mengganjal, gatal, berair, dan sudut mata berkerak sampai terkadang membuat mata susah dibuka.

  • Penyebab kalazion dan bintitan

    • Penyebab kalazion:

Kalazion disebabkan oleh penyumbatan pada salah satu kelenjar minyak di kelopak mata. Kelenjar yang berfungsi untuk menjaga kelembapan dan melindungi mata ini disebut meibom.

    • Penyebab bintitan:

Bintitan kebanyakan dipicu karena infeksi bakteri. Jika infeksi terjadi pada bagian dasar bulu mata, seseorang bisa terkena timbilan di luar kelopak mata. Jika infeksi terjadi pada kelenjar meibomian, seseorang bisa terkena hordeolum atau timbil di dalam kelopak mata.

  • Cara mengobati kalazion dan bintitan

    • Cara mengobati kalazion:

Kalazion tidak memerlukan obat antibiotik seperti pengobatan pada mata timbilan atau bintitan. Cara mengatasinya cukup dikompres dengan waslap atau handuk kecil hangat. Jika benjolan di kelopak mata cukup besar, dokter biasanya baru menganjurkan suntik steroid.

    • Cara mengobati bintitan:

Dokter biasanya meresepkan obat bintitan berupa salep atau krim antibiotik. Selain itu, terkadang penderita juga diberi obat tetes mata untuk membantu membersihkan kelopak mata. Di luar itu, penderita bisa menggunakan kompres hangat untuk mengurangi bengkak benjolan di kelopak mata.

Cara mencegah kalazion dan bintitan

Setelah menyimak penjabaran kalazion vs hordeolum atau bintitan di atas, perlu Anda ketahui bahwa penyakit ini juga bisa kambuh di kemudian hari.

Berikut beberapa cara mencegah bintitan dan kalazion agar tidak sering muncul dan mengganggu keseharian:

  • Hindari kebiasaan mengucek mata, terutama dalam kondisi tangan yang belum dibersihkan
  • Selalu cuci tangan sebelum menyentuh mata atau area wajah
  • Hindari berbagi atau meminjam handuk dengan penderita bintitan atau kalazion
  • Pastikan Anda selalu membersihkan riasan mata, terutama sebelum tidur. Hindari juga berbari riasan mata dengan orang lain
  • Selalu cuci muka sebelum tidur, dan jangan sampai kelewatan bagian kelopak mata
  • Jika Anda memakai lensa kontak dan kacamata, bersihkan sesuai rekomendasi dari ahlinya. Pastikan Anda juga mencuci tangan sebelum memasang lensa kontak

Meskipun ada beberapa perbedaan kalazion dan bintitan, sebagian besar cara mencegah masalah kesehatan biang benjolan di kelopak mata ini utamanya dengan menjaga kebersihan area seputar mata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jenis mobil apakah yang menggunakan dua mesin penggerak dengan bensin dan motor listrik?

Dapatkan total hadiah Rp 5.000.000,- untuk 10 orang beruntung dengan mengikuti kuis otomotif berikut ini!

Berikut ini yang merupakan kelebihan dari kendaraan listrik, kecuali?

Apa nama bahan bakar dari pertamina ber-oktan 92?

Pada tahun berapakah Robert Anderson mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik?

Apakah kepanjangan EV yang biasa digunakan dalam mobil listrik?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey

error: Content is protected !!